Seperti menjalani hidup: ada senang dan sedih, ada mudah dan sukar, ada pahit dan manisnya. Begitu pula ketika kamu menantang diri untuk menjadi seorang relawan.

Menjadi relawan tak melulu bakal senang. Terkadang, sulit banget untuk beradaptasi dengan teman-teman dan lingkungan baru, sulit membagi tugas kuliah atau kerjaan dengan tanggung jawab lain, bahkan sampai harus jatuh sakit gara-gara terlalu sibuk.

Pernah merasakan demikian?

Well, nyatanya semua hambatan itu tidak menjadi sesuatu yang berarti. Apalagi, kalau kamu sudah bertemu dengan teman-teman baru, pengalaman yang menyenangkan, hingga ilmu yang bisa diterapkan di masa depan.

Rifat Najmi, UI Design Lead di sebuah startup di Indonesia, yang juga aktif menjadi relawan IndonesianYouth Conference sejak 2009, membocorkan gimana asyiknya bergabung sebagai relawan, terutama di Divisi Kreatif.

Mampu membuka pikiran

Di Divisi Kreatif, Rifat menumpahkan kemampuannya sebagai Web Developer, yang mana ia mendesain web untuk IYC. Ia enggak kerja sendirian. Ia bekerja dengan teman-teman yang membuat konten acara IYC, yang membuat creative visual sebagai sarana informasi dan promosi. Menurutnya, salah satu keuntungan bergabung dengan IYC adalah bisa membuka pikirannya.

Saya kagum melihat banyak anak muda yang mendedikasikan dirinya demi terwujudnya IYC,” ujarnya.

Bebas berkreasi

Rifat mengungkapkan, ada hal paling berkesan ketika ia menjadi relawan di Divisi Kreatif, tepatnya saat IYC 2011. Kalau biasanya job desc yang diembannya hanya menerima perintah untuk membuat sesuatu sesuai arahan atau permintaan. Namun justru tidak di IYC.

“Pengalaman saya kerja, biasanya desainer itu ada di posisi ‘tukang’ di mana ia cuma tinggal terima perintah harus bikin apa dan dibikin kayak gimana. Di IYC 2011, saya merasa hal itu tidak terjadi. Saat itu mulai dari konsep, tagline, sampai dengan tema semuanya hasil dari ide pemikiran tim Kreatif. Jadi kita bikin garis besarnya seperti apa, lalu divisi lain membuat turunannya,” ucapnya.

Karier lebih lancar

Ketika mencari pekerjaan, pengagum Rob Janoff ini rupanya mengandalkan karya-karya yang sudah diciptakannya selama menjadi relawan Divisi Kreatif IYC. Ia pun bisa bekerja di perusahaan yang sesuai dengan kemampuan dan passion-nya.

“Karier saya juga bisa berjalan lancar karena portfolio yang saya bangun di IYC,” terangnya.

Cerita Rifat hanya sedikit dari banyaknya keseruan yang bisa didapat dengan menjadi relawan di IYC. Nah, apakah kamu merasa tertantang untuk bergabung bersama Divisi Kreatif?

Yuk, jadi bagian dari IYC 2017 yang bakal diadain di Townsquare, Cilandak (Citos) pada 16 Desember mendatang. IYC membuka kesempatan bagi kamu yang ingin menjadi relawan untuk Divisi Kreatif. Klik di sini untuk daftar.