Bila diperhatikan, sepertinya berkomunikasi satu sama lain terlihat begitu mudah dilakukan. Ya, layaknya sedang berbicara atau bergosip ria dengan teman-teman satu geng.

Namun pada praktiknya di dalam organisasi atau perusahaan, komunikasi dinilai rumit. Karenanya, enggak heran banyak yang mensyaratkan para calon karyawan untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Head of Marketing Communication IndonesianYouth Conference (IYC) 2017 Usman Al Idrus mengakui, menjalani tanggung jawab sebagai Marcomm tuh memang enggak gampang.

“Sebenarnya Marcomm itu kan sebuah proses, ya. Proses itu berjalan terus-menerus dan berkelanjutan, mau enggak mau proses itu harus terus bergerak dan jarang bisa istirahat, mikir mulu soalnya. Intinya timeline-nya padat,” terangnya pada IndonesianYouth.org.

Baca juga:

Menurutnya, Marcomm itu penting banget dalam sebuah acara maupun organisasi. Sama seperti ketika dirinya meng-handle bagian Marcomm IYC 2017.

“Ibarat kita bikin acara di venue super keren, pengisi acaranya juga keren, kontennya juga keren, tapi kalau enggak ada yang tahu, ujungnya acaranya kosong dan enggak ada yang dateng dong,” ujar.

“Nah, di situ pentingnya peran Marcomm dalam pengkomunikasian acara itu. Gimana tepatnya materi publikasi dan penyebarannya yang jadi konsentrasi dari Marcomm yang membuat orang tahu dan mau datang ke acara itu. Dan di situ juga yang jadi tantangan dan serunya Marcomm,” sambungnya.

Pria yang akrab disapa Iyus ini menambahkan, pembagian tugas yang penting dan timeline yang clear menjadi dua poin pendukung yang bisa membuat tugas divisi ini terlaksana dengan baik.

“Di sini pentingnya peran dari kepala departemen Marcomm. Si kepala departemen ini harus paham peran, tugas, dan tujuan dari masing-masing divisi, dan tugas dari dia juga untuk ‘menjahit’ peran dari seluruh divisi sehingga menjadi satu visi yang clear dan terukur,” ucapnya.

“Selain tugas dari kepala departemen, yang pasti tugas masing-masing individu juga untuk punya komitmen, tanggung jawab, serta kemauan buat ngerjain semuanya secara maksimal dan enggak setengah-setengah,” imbuhnya.

Ya, meski tugas Marcomm terkesan ribet, tentu saja para relawan tetap bisa have fun menjalani tanggung jawabnya. Kalau kamu enggak percaya, buktikan sendiri dengan menjadi relawan IYC 2017 di Divisi Marcomm. Klik di sini ya, kalau mau daftar!