Ialah Andi Winda Khaliza, gadis berusia 16 tahun di balik akun komik @kekomukan yang followers-nya sudah mencapai 155 ribu, hanya dalam waktu satu tahun saja. Winda bercerita, awalnya, ia iseng membuat komik di Instagram. Siapa sangka, komiknya di-respot akun @Dagelan dan hal itulah yang membuat popularitas akunnya semakin lama semakin meningkat, bahkan hingga sekarang ini.

Lantas, apa sih yang bikin @kekomukan bisa punya banyak followers dalam waktu relatif singkat? Winda pun membocorkan 5 langkah berikut supaya followers akun kamu juga meledak!

Cari inspirasi

Kamu enggak akan bisa bikin komik kalau enggak ada inspirasi. Betul enggak? Nah, menurut Winda, inspirasi itu bisa ditemukan di mana saja. “(Mencari inspriasi) enggak harus lewat Instagram. Kalau dapat inspirasi kan kita jadi punya gambaran komik yang kita buat ke depannya bakal gimana,” ujarnya.

Buat gambar sebanyak mungkin

Banyak berlatih adalah kunci yang penting. Coba deh, buat gambar sebanyak mungkin, boleh manual, boleh juga digital. Winda menambahkan, gambar yang dibuat enggak perlu melulu bagus, kok,

“Semampu kita gambar aja. Kalau orang seneng sama komik kita, itu aja udah cukup. Ningkatin kualitas gambar itu memang perlu, aku sendiri masih belajar juga, tapi bukan berarti kita nge-push biar gambar bakal sebagus orang lain misalkan, enggak, enggak gitu,” terang dara kelahiran Jakarta, 1 September 2001 ini.

“Lambat laun pun kualitas gambar akan membaik dengan sendirinya,” tambahnya.

Harus punya ciri khas

Punya ciri khas juga penting banget supaya komik yang dibuat mudah dikenal orang lain. Selain itu, komik yang kamu buat juga perlu memiliki makna, bukan hanya sekadar gambar saja.

“Zaman sekarang, punya gambar bagus aja belum tentu bakal disukai. Yang penting, kita punya makna tersirat dalam komik tersebut, ciri khas, atau apapun itu yang bisa menarik perhatian pembaca agar lebih melirik komik kita,” kata gadis berkerudung ini.

Konsisten

Langkah selanjutnya, Winda selalu berusaha untuk menjadi ilustrator komik yang konsisten. Saat ia baru membuat akun @kekomukan, ia secara rutin menggambar dan memublikasikannya di akun Instagramnya.

“Mesti konsisten, apalagi kalau umurnya masih baru. Tujuannya adalah untuk dapetin pembaca sebanyak-banyaknya,” ucap Winda.

 “Cari perhatian”

Last but not least, rajin-rajin “cari perhatian”. Sebagai contoh, saat istilah Kids Jaman Now sedang booming, ia membuat komik yang berkaitan dengan isu tersebut. Dibanding dengan gambar-gambarnya yang lain, posting soal Kids Zaman Now yang ia publikasikan di Instagram bisa mendapat lebih dari 46 ribu likes. Keren!

kredit: Instagram.com/kekomukan

Gimana, udah siap bikin akun Instagram kamu eksis, kan?