Namanya juga relawan, sudah pasti harus mau bekerja secara sukarela. Namun, bukan berarti kamu bisa mengerjakan tanggung jawab seenaknya saja. Apalagi, kamu tidak bekerja sendiri.

Baru-baru ini ada kesempatan bagi Anak Muda Indonesia yang ingin menjadi volunteer IndonesianYouth Conference (IYC) 2017 untuk empat divisi berbeda seperti acara, markom, logistik, dan kreatif. Berbagai posisi pun bisa dipilih dari masing-masing divisi tersebut. Kesempatan itu sangat terbuka, lho.

Maka diperkirakan akan ada ratusan bahkan ribuan anak muda lainnya yang akan mendaftar. Untuk itu sebelum mendaftar jadi volunteer IYC 2017, pastikan kamu menanamkan 5 kualitas baik ini di dalam diri supaya apa yang dikerjakan olehmu dan teman-teman satu tim bisa memberikan dampak yang baik. Bukan hanya buatmu aja, melainkan orang lain yang menikmati hasil kerja kerasmu.

Integritas

Integritas menjadi kunci utama yang harus dimiliki para relawan. Pribadi yang baik, karakter yang kuat, sikap yang teguh, ketulusan, dan komitmen menjadi nilai-nilai pendukung orang-orang yang berintegritas. Integritas sendiri bisa dibangun melalui nilai-nilai yang dimiliki, komitmen, juga konsistensi.

Sopan Santun

Kamu enggak akan kerja sendiri. Ada teman-teman sebaya, yang lebih muda, bahkan yang lebih tua, yang akan jadi teman kerja satu tim kamu. Kalau kamu bersikap sopan kepada siapa saja, itu tandanya kamu menghargai mereka. Kesopanan tentu aja akan menghasilkan suasana kerja yang kondusif dan menyenangkan, sebab siapa saja saling respect.

Baca juga:

Daya tahan

Boleh bicara jujur? Ya, saat menjadi volunteer nanti, kamu enggak akan tahu tantangan dan tekanan apa yang akan kamu hadapi. Pekerjaan berlebih, deadline mepet, ada anggota tim yang susah dihubungi, dimarahi peserta, sulit mencari ide, rapat tiap minggu, enggak optimis, dan seterusnya.

Kalau kami bisa mengatasi itu semua, keren… sudah pasti kamu anak muda yang punya daya tahan tinggi. Kalau belum gimana? Kuncinya cuma satu, komitmen.

Inisiatif

Kalau mau mandi, mesti disuruh dulu. Kalau mau nongkrong di kafe sambil ngerjain tugas, tunggu diajak dulu. Duh… mana inisiatifnya, nih?

Putuskanlah dan lakukanlah sesuatu yang positif tanpa harus diminta lebih dulu. Teruslah bergerak, meski keadaan semakin sulit. Bertanyalah jika ada hal-hal yang dimengerti dan bantulan rekan-rekan satu tim bila menemukan kesukaran.

Tingkat ego

Membuka diri terhadap berbagai kritik dan saran itu penting banget, soalnya enggak semua rekan kerja satu tim bakal setuju dengan apa yang kamu utarakan atau kerjakan. Perbanyaklah diskusi dan saling serap ilmu satu sama lain.

Push your ego, push it away. Menjadi seorang volunteer akan membuatmu belajar banyak soal dedikasi juga ilmu-ilmu penting lainnya yang enggak akan kamu temui di tempat lain, lho.

Gimana, udah siap jadi volunteer IndonesianYouth Conference (IYC) 2017? Daftar di sini.