Mencari uang atau pemasukkan lewat media sosial, terutama Instagram, bukanlah hal yang baru lagi. Jangan heran kalau selebgram menjamur di mana-mana dan sepertinya enggak sulit untuk bisa mendapat tawaran endorsement atau kerja sama dari pihak lain. Hal itu pulalah yang dialami Sagus, pemilik akun Instagram @komiklieur.

Berbekal kemampuannya yang terus diasah dalam bidang menggambar, Sagus bisa memperoleh penghasilannya sendiri lewat bidang yang disukainya.

“Zaman sekarang mah mungkin banget (cari uang lewat komik), bisa. Alhamdulillah, saya juga sudah gitu. Sudah jadi profesi,” papar Sagus.

Komik sudah menjadi bagian dari hidup Sagus sejak kecil. Ia pun mencoba untuk membuat komik yang bisa bikin para pembacanya senyum-senyum sendiri.

Namun tahukah kamu, awalnya, ia tidak mengunggah karya-karyanya di Instagram, melainkan di Facebook.

“Sebenernya awalnya dari Facebook sih, baru ke Instagram, melihat waktu itu emang lagi rame-ramenya komik di socmed, terutama Instagram,” aku Sagus.

Mencari ide untuk membuat komik, kata Sagus, tidak selalu mudah. Tetapi tidak selalu sulit juga. Menurut pengalamannya, kadang ide datang sendiri tanpa perlu dicari. Hal itu pun bisa terjadi ketika ia tengah bercakap-cakap dengan teman atau saat sedang mengobrol ngalor-ngidul.

Meski sudah memiliki lebih dari 40 ribu pengikut, pemuda asal Bandung ini terus belajar dan memperbanyak referensi karyanya supaya bisa menghasilkan komik yang lebih ciamik!

Sagus pun memberi saran, “Jangan terkotak sama satu gaya, genre, atau artist siapa gitu. Entah itu soal gaya gambar ataupun cerita. Biar karyamu makin unik, dan bisa menemukan orisinalitas”.