Bagi siapapun yang ingin menjadi penulis, menerbitkan sebuah buku merupakan sebuah mimpi yang ingin dicapai. Begitu juga dengan Hani Widiani, perempuan di balik akun Instagram komik @hhonhon yang ingin sekali menerbitkan buku sendiri.

Dulu, ia pernah mengajukan naskah novel atau cerita pendek ke penerbit maupun media cetak. Sayang, karya-karyanya selalu mendapat penolakan.

“Alasannya karena waktu itu katanya tulisan aku enggak ada rasa, hambar, dan lain sebagainya. Malah waktu itu aku sempat ngubur cita-cita buat jadi penulis,” ujar Hani ketika dihubungi Indonesianyouth.org.

Selain menulis, rupanya Hani juga senang menggambar. Dari sanalah muncul ide dirinya ingin menggabungkan tulisan dan gambar sehingga menjadi bentuk yang lebih kreatif lagi. Ia pun memilih Instagram untuk mengunggah karya-karyanya. Fitur swipe pada post Instagram sering dipilihnya, sehingga Hani bisa lebih bercerita lewat tulisan dan gambarnnya.

“Aku bikin komik swipe sampai akhirnya aku nentuin satu judul, yaitu #tentangdiaku, akhirnya banyak yang suka dan dilirik sama penerbit,” ujar Hani.

Perempuan kelahiran 1995 ini mengaku, dari sanalah karyanya mulai dilirik beberapa penerbit. Ia pun bersyukur, meski selama ini naskahnya ditolak, tapi berbekal ketekunan dan prinsip pantang menyerah, usahanya kini berbuah hasil.

Hingga kini sudah ada dua buku miliknya yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, yaitu A Little Thing Called Baper: Love dan A Little Thing Called Baper: Friendship.

“Sesuai judul bukunya, Baper. Jadi di dalam buku itu kita bakal nemuin saat-saat seperti apa sih kita bisa baper. Khususnya yang pernah dirasakan Honhon (karakter perempuan) ketika bersama Damar (Karakter laki-laki) di buku Love, juga ketika bersama teman-temannya di buku Friendship,” terang Hani.

Lantas, apa sih, yang membedakan buku ini dengan buku-buku lainnya?

“Kalau isinya itu sudah biasa mungkin ya, tapi dari segi gambar agak berbeda dari penulis yang lain. Aku bentuknya semi komik gitu. Ya enggak jauh beda sih sama konten yang selalu aku posting di Instagram. Jenis buku yang kayak gitu emang lagi booming banget sekarang di Indonesia, tapi masih sedikit juga,” tambahnya.

Dua buku semi komik buatan Hani sudah bisa didapatkan di toko buku terdekat, ya.