Beragam akun komik di Instagram dengan ilustrasi keren makin banyak bermunculan. Mungkin kamu mengenal akun @tahilalats, @maghfirare, sampai @komikin_ajah. Masing-masing akun tentu memiliki ciri khasnya sendiri dan hal itulah yang bikin akun mereka kebanjiran pengikut.

Nah, kalau kamu suka bikin ilustrasi atau gambar komik, kenapa enggak coba buat pamerin karya kamu lewat Instagram? Siapa tahu, karya kamu disukai banyak pengguna Instagram dan media sosial ini bisa jadi medium untuk kamu berinteraksi dengan penikmat karyamu, bahkan dengan ilustrator atau komikus lainnya.

Nah, berikut ini ada 5 tips bikin komik di Instagram untuk pemula yang pastinya bisa nambah wawasan dan bikin kamu pengin praktik langsung!

Harus suka menggambar dulu

Salah satu skill penting kalau pengin bikin komik di Instagram tentu saja harus suka menggambar dulu. Juli, komikus di balik @julijurnal pun setuju dengan hal tersebut. Ia juga menyarankan kalau pengin bikin komik, kamu harus tahu apa tujuan kamu membuatnya. Apakah untuk sekadar memamerkan dan mendokumentasikan karya atau mungkin kamu ingin mencari uang lewat karya kamu.

Jangan terkotak sama satu gaya

Sagus dari @komiklieur mengatakan, kalau mau bikin komik, lebih baik enggak terkotak sama satu gaya, genre, atau artist yang disukai aja. Tapi, kamu harus terus belajar dan memperbanyak referensi karya. Entah itu soal gambar ataupun ceritanya. “Biar karyamu makin unik dan bisa menemukan orisinalitas,” ujarnya.

Jangan takut untuk memulai

Selanjutnya, Ade Lukman dari @komikluks memberi tips supaya para pemuka enggak takut untuk memulai. “Mulai aja dulu, jelek enggak apa-apa. Nanti juga berproses. Yang penting nikmatin tiap prosesnya dan yang penting, jadilah diri sendiri,” terang Lukman.

Ubah mindset soal tools yang mahal

“Jangan terpaku dengan pikiran enggak bisa berkarya karena terbatasnya alat yang mahal atau karena kalian dari kota kecil, lalu membuatmu patah semangat. Itu salah besar! Bikin komik bisa dengan semua bahan, kok. Pakai kertas, pensil, spidol, atau alat apapun asal kamu terus konsisten berkarya, berlatih dan temukan ciri khasmu perlahan dalam proses itu,” ujar Gani Suryo Buwono, lelaki di balik @sichikomik.

Jangan menyerah kalau karya enggak diapresiasi

Gani juga menambahkan kalau sebagai pemula, kamu enggak perlu malu untuk menunjukan karya di Instagram. Kamu juga perlu tahu, popularitas akun komik-komik di Instagram engak didapat dalam semalam, tapi ada proses dan kerja keras yang bikin akun-akun tersebut dikenal luas, bahkan diapresiasi banyak orang. Namun, kalau karyamu belum mendapat pujian, jangan patah semangat, ya!

“Teruslah berkarya. Dengan begitu lama-lama akan banyak orang yang mulai tertarik dengan karyamu. Manfaatkan social media-mu, teman-temanmu untuk share serta memperkenalkan karyamu. Kalau kamu aja malu mengenalkan karyamu, berarti kamu enggak bisa apresiasi karyamu sendiri, gimana orang lain mau apresiasi karyamu?”