Bagi kamu yang masih bersekolah, mungkin setiap minggu atau setiap bulannya masih mendapat uang jajan dari orangtua. Namun, bagi kamu yang sudah bekerja, pendapatanmu kini berasal dari perusahaan atau klien yang menggunakan jasa kamu.

Nah, dari mana pun penghasilan yang didapatkan, tentu harus diatur dengan baik supaya tidak habis begitu saja. Kamu pasti sering mendengar kalimat “Uang tuh kayak air, ngalir terus”, kan?

Nah, buat yang enggak kepengin boros dan ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari, ada 5 kebiasaan yang bisa ditiru supaya keuangan kamu di tahun 2018 ini lebih baik. Yuk, simak!

Baca juga: Mata Uang Virtual Bitcoin Tidak Diakui di Indonesia

1. Bawa bekal dan minum sendiri

bawa bekal

sumber foto: unsplash.com

Yuk, coba bangun lebih pagi dan persiapkan bekal makanan sendiri ke sekolah atau ke kantor. Dengan membawa bekal setiap harinya, kamu bisa menghemat pengeluaran.

Misalnya, dalam sehari, biasanya kamu membeli makanan plus minuman seharga Rp25 ribu. Jika dikalikan dengan hari efektif dalam sebulan (misalnya bulan Februari) Rp25 ribu x 20 hari = Rp500 ribu.

Bayangkan, dalam setahun, kamu bisa menghemat Rp500 ribu x 12 = Rp6 juta. Uang tersebut pun bisa kamu tabung atau digunakan untuk membeli barang yang sudah kamu incar sejak lama!

Baca juga: 

2. Kurangi delivery makanan

delivery makanan

sumber foto: unsplash.com

Banyak banget, lho, masalah-masalah di sekitar kita yang bisa diatasi dengan kemajuan teknologi. Misalnya, kamu lagi lapar, tapi mager banget keluar rumah. Solusinya, kamu delivery makanan cuma lewat gadget dan aplikasi.

Padahal, ongkir delivery tuh enggak murah, lho. Belum lagi, biasanya harga makanan yang tertera di aplikasi sedikit lebih mahal. Mungkin kamu akan berpikir, “Ah, harganya beda-beda dikit. Ah, ongkirnya enggak mahal-mahal banget, kok. Ada diskon ini”.

Baca juga: 

Well, apa iya, dalam sebulan kamu hanya sekali menggunakan jasa delivery makanan? Kalau iya, enggak apa-apa, sih. Namun, kalau keterusan gimana? Hal ini malah bikin pengeluaran kamu membengkak karena tanpa sadar uang yang dikeluarkan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

3. Beli celengan dan mulai menabung setiap hari

Ilustrasi Financial Planning

sumber foto: publicdomainpictures.com

Yuk, usahakan menabung setiap hari. Enggak perlu banyak-banyak, kok. Dengan menyisihkan koin logam atau Rp2.000 dalam sehari aja, kamu enggak akan nyangka berapa banyak uang yang bisa dikumpulkan dalam sebulan, dua bulan, atau dalam setahun. Bahkan, ada yang mengumpulkan uang receh hingga mencapai Rp60 juta, lho! Wow!

Baca juga: Milenial Menghadapi Masa Depan Paling Menakutkan dari Generasi Manapun

Selain menabung, pastikan kamu juga memiliki rencana keuangan sehingga uang yang ditabung bisa kamu alokasikan untuk hal yang memang benar-benar bermanfaat.

4. Unfollow online shop di media sosial

instagram

sumber foto: pexels.com

Kamu juga perlu menahan hasrat kamu untuk belanja hal-hal yang enggak penting. Sepatu, baju, casing ponsel, aksesoris, dan sebagainya.

Kalau perlu, unfollow online shop yang saat ini ada di di list following kamu. Melihat barang-barang baru yang ditawarkan cuma bikin kamu makin impulsif untuk belanja.

Baca juga: 3 Cara Mengeksplorasi Diri Kamu Demi Terwujudnya Masa Depan

5. Belajar investasi sejak dini

belajar investasi p2p lending

sumber foto: unsplash.com

Masih muda memangnya perlu belajar investasi? Perlu, perlu banget. Zaman sekarang, investasi enggak perlu mahal dan risikonya pun bisa kamu atur sesuai kondisi keuanganmu.

Kalau punya uang yang banyak, kamu bisa mencoba untuk investasi saham atau properti. Namun, kalau ingin mencari investasi yang aman dan murah, bahkan cocok untuk pemula, kamu bisa mulai investasi peer-to-peer lending, nih, seperti di KoinWorks. Bahkan, hanya dengan Rp 100 ribu saja, kamu sudah bisa mulai berinvestasi.

Baca juga: 10 Kemampuan yang Dibutuhkan di Abad 21

Nah, dengan berinvestasi, kamu bisa menambah nilai uang kamu di kemudian hari, lho. Bahkan, keuntungan yang didapat juga bisa jadi sumber penghasilan tambahan. Dengan begitu, keuangan kamu bisa lebih baik dan terencana tahun ini.

Seru, kan?