Pastinya kamu sudah tak asing lagi dong dengan kata logistik? Iya, bener banget, salah satu fungsinya adalah menyediakan. Dalam konteks tertentu logistik berarti menyediakan kebutuhan dan keperluan, baik barang maupun jasa, dalam sebuah keadaan.

Jadi, logistik itu bukan pekerjaan yang bisa dianggap sebelah mata. Perusahaan-perusahaan besar atau rintisan, membutuhkan tenaga logistik, di setiap bidangnya.

Malahan, ada juga anak muda yang sukses dari bidang logistik. Salah satunya adalah Danu Indraprasto, yang menjadi relawan di IndonesianYouth Conference sejak (IYC) 2011.

Danu menceritakan, dirinya mulai mengenal dunia logistik secara tidak sengaja sejak 2013 lalu, yakni pada kegiatan IYC.

“Ketua IYC saat itu minta gue untuk ngurus logistik IYC 2013,” kata Danu kepada IndonesianYouth.org

Ia menuturkan, secara umum tugas logistik yang biasa kerjakan adalah menyediakan seluruh kebutuhan tim. Namun, logistik tidak melulu soal barang.

“Bisa juga kegiatan di lapangan. Kayak ngatur flow, ngatur tata ini, tata itu, dan sebagainya,” ujarnya.

Menariknya, setelah empat tahun terakhir bergelut dengan dunia logistik, Danu mengungkapkan bila dunia logistik sudah menjadi passion dan hobinya.

“Orang-orang di sekeliling gue, terutama di IYC dan Sinergi Muda, sudah gak heran kalau ada suatu barang (terutama kertas) itu akan gue raba-raba untuk nebak ini bahan apa. Awalnya mereka merasa aneh, cuma makin ke sini mereka sudah biasa,” ungkapnya diiringi tawa, “Dan saat ini ilmu logistik yang gue pahami sering banget dipakai untuk mencari penghasilan sampingan.”

Danu juga menceritakan pengalamannya kala menjadi relawan di IYC. Menurutnya, logistik itu pekerjaan asyik, menyenangkan. Sebab, kata Danu, kerja logistik langsung terlihat hasilnya, bagus atau jelek, dan bisa langsung dirasakan oleh orang lain.

“Gak asyiknya, berat angkat-angkat barang. Tapi itu tetap seru, karena sering ada kejadian lucu,” ucapnya.

Selain asyik dan menyenangkan, dijelaskan Danu, pentingnya peran divisi logistik dalam sebuah acara atau organisasi.

“(Kalau enggak ada logistik) Ya acara enggak jalan. Venue pasti akan kosong. Ada satu kata kata yang gue inget dari salah satu tim logistic IYC, dia bilang ‘whatever you want, we’ll make it happen’,” katanya.

Baca juga:

Danu, yang pernah menjadi ketua IYC 2014 ini pun mengatakan, ada beberapa bekal yang berminat menjadi relawan divisi logistik IYC 2017.

“Enggak banyak ngeluh, punya stamina yang baik, punya kemampuan bangun ruang serta perkiraan yang tepat,” tandasnya.

Bagaimana, divisi logistik itu rupanya seru banget dan punya peran vital dalam setiap acara. Tentu saja, bagi yang menjalaninya tetap bisa have fun dengan tanggung jawabnya. Kalau kamu enggak percaya, buktikan sendiri dengan menjadi relawan IYC 2017 di divisi logistik. Tunggu apalagi, ayo buruan daftar! Klik di sini ya, kalau mau daftar!