Nyatanya, perkembangan teknologi bukan hanya memengaruhi dunia pendidikan saja, melainkan jenis-jenis profesi dan karier. Contohnya, dulu mungkin kamu hanya tahu ojeg pangkalan, tapi sekarang kini ada ojeg daring yang memudahkan siapa saja jika ingin bepergian ke mana-mana.

Seiring perkembangan waktu, rupanya ada profesi-profesi lain yang banyak bermunculan berkat kehadiran teknologi. Apa saja?

Social Media Specialist

Orang Indonesia gemar sekali menggunakan media sosial. Media sosial pun sering dijadikan platform untuk membantu strategi pemasaran supaya lebih mengena kepala calon konsumen. Karenanya, social media specialist menjadi salah satu profesi yang bisa digeluti.

Big Data Analyst

Data pengguna internet dalam jumlah yang sangaaaaat banyak terbilang berharga untuk diolah. Untuk apa? Biasanya digunakan untuk menjalankan suatu strategi pemasaran sebuah perusahaan. Nah, peran big data analyst atau data scientist dibutuhkan karena mereka mampu mengolah data-data tersebut yang bisa berguna bagi pengembangan bisnis.

Food Stylist

Biasanya, perusahaan membutuhkan food stylist untuk membuat tampilan makanan atau minuman yang dijual tampak menarik sehingga banyak orang ingin membelinya. Profesi ini rupanya sedang naik daun karena kemampuan food stylist dibutuhkan guna membantu meningkatkan pemasaran dalam suatu bisnis. Tertarik jadi food stylist?

UI/UX Designer

Selanjutnya, ada UI/UX Designer. Dua profesi ini memang mirip, tapi sebenarnya punya fungsi yang berbeda. UI Designer fokus untuk memaksimalkan penggalaman pengguna. Pekerjaan mereka engga jauh-jauh dari layout, visual design, juga branding.

Sementara itu, UX Designer bertugas untuk membuat website atau aplikasi supaya mudah digunakan dan enggak bikin penggunanya bingung. Mereka perlu memastikan apakah suatu produk terasa manfaatnya dan apakah hal tersebut bisa memecahkan masalah pengguna.

Digital Marketer

Perkembangan dunia digital begitu meroket. Dulu, orang-orang hanya menempatkan iklan pada TV, radio, brosur, spanduk, atau majalah sebagai sarana promosi. Dengan hadirnya digital marketer, kini iklan-iklan pun sudah beralh ke bentuk digital. Seorang digital marketer pun harus paham soal SEP, media sosial, hingga konten digital.

Makeup Artist

Profesi penata rias ini lagi naik daun banget! Kamu pun bisa belajar merias wajah lewat berbagai platform di media sosial, seperti Instagram atau melihat berbagai video tutorial dari para beauty  vlogger di YouTube. Selain itu, styling rambut juga bisa menjadi salah satu bonus kemampuan yang dimiliki makeup artist.

Animator

Pemakaian internet yang kian meningkat membuat jasa para animator banyak dicari. Apalagi, teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality makin booming. Teknologi tersebut juga dibutuhkan untuk meningkatkan pemasaran sebuah brand.