Selama enam kali penyelenggaraannya, IndonesianYouth Conference (IYC) telah menjadi melting pot Anak Muda Indonesia yang ingin terus mengembangkan diri di berbagai di bidang. Datang ke IYC nyatanya bukan hanya sekadar ikut-ikutan teman, ingin bertemu teman-teman baru, atau bisa mendapat ilmu baru dari para pembicara.

Faktanya, Anak Muda Indonesia juga merasakan 3 manfaat baik ini setelah mengikuti IYC di tahun-tahun sebelumnya. Apa saja, ya?

1. “IYC bikin gue lebih produktif”

Adam Anthony, salah satu peserta IYC mengatakan bahwa acara tahunan ini membuat dirinya lebih produktif. Pada waktu itu, Adam mengikuti IYC 2015 yang mengangkat tema “Kita Siap”.

“Sesi diskusi serta workshop dibuat untuk memfasilitasi kami untuk merasakan menjadi profesional di berbagai topik. Sesi bareng Imam Sjafei dan Isyana Bagoes Oka, jadi favorit gue, karena menjelaskan langsung hubungan antara pemerintah, rakyat dan media lewat roleplay,” papar Adam.

2. “IYC bantu aku jalanin proyek sosial”

Septian Sugara, Duta Jawa Barat IYC 2014 ini punya proyek sosial bernama The Bottles. Ini merupakan kontribusi nyatanya terhadap lingkungan sekitar yang mana ia memberikan les bahasa Inggris kepada anak-anak, dengan syarat hanya mengumpulkan 5 botol bekas. Apa yang dilakukannya telah membantu pendidikan dan lingkungan sekitar.

“Aku belajar banyak sih di IYC. Aku belajar project management, fundraising, dll., di mana ilmu-ilmu yang aku dapet ini membangtu sekali begitu aku mulai menjalankan The Bottles. IYC juga tempat pertama aku merasakan bertapa merindingnya menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil pakai baju adat masing-masing. Rasanya bangga sekali, sampai hampir nangis. Intinya, IYC mengajarkan nasionalisme secara langsung, tanpa banyak teori,” kata Septian membeberkan.

3. “Gue bisa kerja sama orang-orang hebat”

Widyotomo Jati awalnya hanya seorang peserta. Namun, IYC telah mendorongnya untuk bisa terlibat secara lebih baik sebagai panitia inti sekaligus turut menyukseskan acara.

“Dari jadi peserta IYC 2014, gue pengin jadi volunteer di luar kampus dan kebetulan keterima di IYC 2015. Gue merasa bangga dan lega karena bisa kerja bareng orang-orang hebat, juga berhasil menyukseskan expo. Setelahnya gue bisa banyak belajar apa yang enggak gue bisa pelajari di kampus dan organisasi-organisasi kampus, terutama masalah manajemen,” terang pemuda yang akrab disapa Dio ini.

Gimana, pengin ikut dan ngerasain langsung IYC tahun ini? Ya, nantikan pada 16 Desember 2017 di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. IYC akan disuguhkan dalam bentuk talk show, workshop, public discussion, music and cultural performance, art space, community expo, juga career expo.

Yang spesial, IYC 2017 memiliki durasi yang lebih lama dari biasanya. Jadi, kamu bisa mengikuti berbagai keseruan mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam, sambil berjejaring dengan ribuan Anak Muda Indonesia lainnya, demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Ingin terlibat di IYC sebagai cyber volunteers? Klik di sini.