Baymax, robot putih menggemaskan dalam Big Hero 6 dapat dikatakan sebagai contoh yang pas bagaimana robot bisa membantu manusia dalam mengerjakan tugas sehari-sehari. Bahkan, Baymax bisa dikategorikan sebagai mesin yang punya banyak kemampuan dalam menjalankan peran. Misalnya, sebagai teman, orangtua, atau dokter yang mampu menyembuhkan orang sakit.

Membahas soal robot, tahukah kamu kalau 4 dari 10 orang di Indonesia percaya bahwa robot mampu melakukan pekerjaan yang lebih baik dari manusia. Bahkan, 2 dari 3 orang percaya bahwa pekerjan-pekerjaan di masa depan nantinya bisa gantikan oleh robot.

Kita sebagai anak muda, tentu saja enggak mau kalah dengan kehadiran robot-robot di masa depan, kan? Kamu juga harus membuktikan bahwa kamu memiliki kemampuan mumpuni yang bisa bermanfaat positif bagi orang lain.

Sebagai contoh, kamu pintar di bidang Sains dan suatu hari nanti ingin jadi ilmuwan. Atau, kamu adalah anak muda yang kreatif dan berharap suatu saat nanti bisa jadi fotografer atau food stylist. Well, apapun yang menjadi keinginan kamu, yang penting adalah kamu memiliki rencana di masa depan dan paham betul kemampuan apa saja yang cocok dengan cita-citamu.

Karenanya, kamu wajib mengeksplorasi diri sendiri dan ketahui apa yang menjadi minat dan bakatmu. Ini dia 3 cara untuk mengeksplorasi diri supaya kamu bisa dengan mudah merancang masa depan dan mewujudkan impianmu!

Jangan takut mencoba berbagai hal

Untuk menjadi seorang dokter, misalnya, kamu bukan hanya akan belajar soal hal-hal yang berbau kedokteran. Lebih dari itu, kamu akan belajar soal gimana caranya menghadapi pasien, gimana caranya menunjukkan dedikasi kamu ketika tiba-tiba ada pasien yang datang di luar jam kerjamu, gimana caranya menolong orang lain dengan tulus, dan sebagainya.

Mungkin, ada kalanya juga kamu akan ditugaskan ke daerah lain yang jauh dari rumahmu. Ya, sama seperti dr. Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) dalam serial drama Korea Descendants of the Sun yang harus bertugas di Urk, negara perang. Nantinya kamu akan belajar beradaptasi di tempat baru, menemui tantangan-tantangan baru, dan tentu saja itu semua akan semakin membentuk kepribadian kamu.

Mengobrol dengan banyak orang

Keluarkan pendapatmu, muntahkan isi kepalamu. Mengobrollah dengan banyak orang, niscaya kamu akan mendapatkan perspektif-perspektif baru soal bidang yang kamu geluti.

Ambil contoh, kamu ingin menjadi penulis, seperti Joko Pinurbo. Karenanya, cobalah untuk ikut workshop menulis sastra, berdiskusi dengan penulis-penulis yang bergelut di bidang yang sama, ikut festival sastra, atau bahkan mengobrol langsung dengan penulisnya.

Bukalah pikiran kamu seluas-luasnya dan jangan malas untuk membangun percakapan soal apa yang kamu suka.

Menulislah untuk refleksi diri

Langkah selanjutnya, kamu harus melakukan refleksi diri. Salah satu hal yang bisa dilakukan ialah dengan menulis.

Beberapa manfaat yang bisa dimiliki dengan melakukan refleksi diri adalah

  1. Kamu lebih paham soal apa yang diinginkan, dibutuhkan, apa yang ingin diraih, atau tujuan selanjutnya
  2. Lebih percaya diri dan peka terhadap lingkungan sosial
  3. Lebih bijak dalam berpikir
  4. Mendorong untuk lebih berani memutuskan sesuatu, meninggalkan hal-hal yang bukan “kamu” banget
  5. Mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi

Kamu harus paham, kadang, sesuatu yang disukai belum tentu benar-benar sesuatu yang kamu inginkan. Ada hal-hal lain yang bisa memengaruhi, seperti faktor lingkungan, teman-teman, orangtua, atau faktor lainnya. So, gali terus apa yang menjadi passion kamu dan jangan pernah menyerah untuk menggapainya.

Pebalap Rio Haryanto enggak akan pernah bisa berpartisipasi di F1 karena kerja keras semalam saja. Pianis Joey Alexander pun juga enggak akan bisa masuk nominasi Grammy Awards dalam waktu singkat. Semua butuh proses, salah satunya eksplorasi diri. Jadi, kenali dirimu lebih jauh dan bersiaplah untuk merancang masa depan yang lebih gemilang!