Beberapa hal mengenai IYC jelas bisa diketahui dengan mudah melalui mesin pencari. Namun, ada beberapa hal yang barangkali belum diketahui oleh banyak orang. IYC 2017 diselenggarakan pada Sabtu, 16 Desember 2017, di Townsquare Cilandak, Jakarta.

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai IYC:

IYC pertama kali diadakan pada 2010

Awalnya, IYC diadakan oleh Sinergi Muda pada 2010 di Salihara, Jakarta. Tagline yang diusung adalah “Saatnya Suara Kita Didengar!” IYC ingin mengajak anak muda untuk bertukar ide, membahas isu-isu terhangat di berbagai bidang, menunjukan kemampuan diri lewat seni dan pemikiran, hingga menumbuhkan bibit-bibit muda yang sadar dan peduli akan pentingnya generasi masa depan.

Berawal dari Global Changemakers

Alanda Kariza adalah salah satu anak muda di balik terbentuknya IYC ini. Pada tahun 2009, ia terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam Global Changemakers. Forum tersebut merupakan pionir dalam mendukung para anak muda di dunia untuk membuat proyek sosial. Sebagai bentuk kepedulian Alanda terhadap generasi muda, ia pun menginisiasi IYC, yang hingga kini masih berjalan.

IYC lahir lebih dulu ketimbang Sinergi Muda

Event anak muda ini juga dilaksanakan lebih dulu ketimbang lahirnya Sinergi Muda. Sejak dirasa IYC perlu memiliki organisasi dan berbadan hukum, lahirlah Sinergi Muda.

Pada 2016, IYC vakum

Sejak diselenggarakan pada 2010, IYC hadir setiap tahunnya. Namun pada 2016, IYC tidak diselenggarakan. Dengan begitu, IYC 2017 merupakan IYC ke-7 yang diselenggarakan. “Kami Masa Depan” menjadi tagline IYC tahun ini.

IYC 2017 merupakan IYC pertama yang diselenggarakan di tempat nonkoferensi

Dirasa perlu untuk mendatangi yang dianggap sebagai tempat nongkrong anak muda, IYC 2017 pun diselenggarakan di Townsquare Cilandak, Jakarta.

“Di mall, anak muda seringkali nongkrong menghabiskan waktu, tapi kenapa enggak kita coba menggunakan mall untuk hal yang lebih bermanfaat? Bisa menambah wawasan, skill, dan anak muda punya resource yang lebih banyak, seperti jejaring dan mentor,” ucap Ketua IYC 2017, Gilang Pratama Putra.

Pertama kali menggandeng organisasi lain untuk berkolaborasi

Menciptakan perubahan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karenanya, agar continuous improvement yang sedang dilakukan makin berdampak, kolaborasi pun dibutuhkan. Sinergi Muda bersama KIBAR membantu anak muda Indonesia untuk menemukan dan mengembangkan potensi, serta berkolaborasi demi masa depan yang lebih baik, lewat IYC 2017.

Selain menggandeng KIBAR, Sinergi Muda juga bekerja sama dengan Rumah Millennials, Youth of Indonesia, Youthmanual, Kreavi, Musik Bagus Day, dan Nusantara Muda.

IYC 2017 menghadirkan sesi seminar dan pembicara serta moderator yang lebih banyak

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, IYC 2017 memiliki lebih dari 20 sesi seminar yang dibagi ke dalam tiga format, yakni Talk Show, Workshop, dan Public Discussion. Beberapa topik yang dibawakan seputar Politik, Disabilitas, Industri Kreatif, Konflik dan Kekerasan, Energi Terbarukan, Data Awareness, hingga Financial Planning.

IYC 2017 juga didukung lebih dari 50 pembicara dan moderator, seperti Najelaa Shihab, Glenn Fredly, Jay Subyakto, Tsamara Amany, Eugenie Patricia, Rachel Amanda, Vidi Aldiano, Putri Tanjung, Asep Kambali, Annisa Rahmania, Robertus Theodore, dan Pangeran Siahaan.

Selalu menyajikan topik yang dekat dengan anak muda

Kebutuhan anak muda semakin banyak, begitu pula dengan makin banyaknya isu yang muncul seiring perkembangan generasi millennial, maka akan sangat penting jika IYC 2017 menyajikan topik yang dekat dengan anak muda, serta banyak diperbincangkan di kalangannya, juga bermanfaat untuk kehidupannya.

Konsep yang lebih segar dan durasi lebih panjang

Konsep IYC 2017 kali ini juga hadir dengan beberapa pengembangan baru. Jika sebelumnya hanya disajikan Community Expo dan Art Space, kali ini IYC 2017 menambahkan Career Expo bagi siapapun yang ingin masuk ke dalam dunia kerja. Durasi penyelenggaraan IYC 2017 pun lebih panjang.

Jumlah pendaftar volunteer IYC 2017 cetak rekor!

Lebih dari 1200 anak muda Indonesia yang mendaftar sebagai volunteer IYC 2017. Angka ini merupakan yang terbanyak sejak IYC 2010 diselenggarakan. Antusiasme anak muda pada IYC kali ini semakin tinggi.