Setelah meluncurkan IndonesianYouth.org versi pertama pada awal tahun ini, kami mempelajari banyak hal untuk bisa mengembangkan situs ini agar lebih baik. Terhitung sejak Agustus 2017 kami mulai mengembangkan versi kedua berdasarkan data-data yang kami dapatkan dan di akhir Oktober kami berhasil merilis versi terbaru.

Apa saja sih yang ada di IndonesianYouth.org versi 2?

Navigasi dan tampilan baru

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Di versi lama kami menggunakan istilah yang menurut kami keren untuk menamai kanal di situs seperti Berbagi dan Terlibat. Berdasarkan survei yang kami lakukan, lebih dari 75% tidak mengetahui isi dari kanal tersebut jika hanya membaca namanya saja.

Kami memutuskan untuk mengganti namanya, Berbagi menjadi Artikel dan Terlibat dipecah menjadi Komunitas, Acara, dan Kerja. Kami juga mengubah tampilan semua kanal agar langsung menampilkan seluruh konten tanpa harus membaginya per kategori.

Selain itu, kami merombak total tampilan situs agar lebih mengedepankan konten yang kami miliki, seperti memperbesar porsi cover artikel dan mengurangi elemen-elemen yang tidak perlu.

CV Builder

Ketika membuka open recruitment kepanitiaan IYC 2017 lalu, kami melihat banyak anak muda yang kesulitan membuat CV pribadi, entah dari segi ukuran file yang terlalu besar (di atas 1 MB), mencantumkan informasi yang tidak relevan, atau bahkan tidak mencantumkan informasi yang diperlukan.

Oleh karena itu, kami membuat CV builder untuk pengguna IndonesianYouth.org. Caranya cukup mudah:

  1. Pastikan kamu sudah terdaftar, kalau belum, daftarkan diri kamu di sini.
  2. Kunjungi halaman Edit profil.
  3. Tambahkan informasi pendidikan dan pengalamanmu, jangan lupa untuk menyimpannya dengan klik Perbarui profil.
  4. Kalau sudah, klik Profil saya.
  5. Kamu akan menemukan tombol Unduh profilmu sebagai PDF.

Fitur ini baru tersedia kalau kamu membuka situs ini melalui laptop/pc. Doakan agar segera tersedia di versi mobile ya!

Registrasi Komunitas

Kami merasa bahwa registrasi komunitas di versi lama cukup menyulitkan. Di versi lama flow yang kami gunakan sebagai berikut:

  1. Pengguna mengisi formulir pendaftaran komunitas.
  2. Admin menerima email pendaftaran lalu memvalidasi data yang diterima, seperti memeriksa URL situs, tanda baca, dan ejaan.
  3. Admin membuat akun untuk komunitas yang lolos validasi.
  4. Admin meng-copypaste email tersebut dan menginputnya ke halaman profil komunitas.
  5. Admin mengirimkan informasi akun ke komunitas tersebut melalui email secara manual.

Begitu ribetnya proses ini sehingga kami hanya bisa memvalidasi sekitar 28 komunitas selama 8 bulan, jauh di bawah target kami yang sebesar 100 komunitas. Menyadari hal tersebut, kami mencoba memperbaiki flow pengguna menjadi:

  1. Pengguna mengisi formulir pendaftaran komunitas.
  2. Admin memeriksa langsung dari dashboard untuk memvalidasi data yang diinput.
  3. Apabila lolos, admin tinggal menekan tombol Publish.
  4. Pengguna mendapatkan notifikasi secara otomatis.

Walau hanya mengurangi 1 tahapan saja, tetapi ini cukup mengurangi proses manual yang harus dihadapi oleh admin dan diharapkan dapat mempercepat proses validasi.

Apabila kamu ingin mendaftarkan komunitasmu, silahkan kunjungi link berikut: indonesianyouth.org/akun/komunitas-baru/.

Akses lebih cepat

Berdasarkan tes dari pingdom.com, situs indonesianyouth.org versi lama membutuhkan waktu 5 hingga 12 detik untuk bisa memuat 1 halaman. Versi terbaru bisa lebih cepat hingga 50%, sekitar 2 hingga 8 detik. Kami bisa mencapai waktu tersebut dengan melakukan beberapa perbaikan, seperti membersihkan database hingga mengompres gambar.


Kami menyadari bahwa masih banyak pengembangan yang bisa kami lakukan (seperti membuat SPA dsb). Namun, kami mengalami kendala dalam segi SDM karena kami hanya memiliki sedikit orang untuk mengerjakan situs ini. Apabila kamu ingin membantu kami, silahkan colek kami di Instagram maupun Twitter @sinergimuda.

Apa pendapatmu mengenai versi terbaru situs kami? Silahkan sampaikan melalui kuesioner di bawah ini. Tersedia tiket gratis IndonesianYouth Conference 2017 bagi yang beruntung.