Untuk menjadi sukses dan menggapai semua cita-citamu, cukup sulit rasanya hanya mengandalkan buku-buku pelajaran. Karena kamu juga butuh mengasah kemampuan kepribadianmu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Namun tak banyak yang berdampak signifikan, melainkan menjadi relawan.

Menjadi relawan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kepribadian. Secara kasat mata, banyak pemuda atau tokoh yang memulai kesuksesannya dari seorang relawan.

Sebut saja Benjamin Xue, CEO Campaign.com, yang sudah memulai menjadi relawan saat dirinya masih berusia 21 tahun. Ketika itu ia menjadi relawan di sebuah klinik di Singapura. Di sana, ia membantu uji klinis HIV terhadap pasien.

Ben tentu tidak sendiri, masih ada banyak anak muda lainnya yang juga sukses dengan jalan sebagai relawan. Bahkan, Hilary Clinton pun memulai karier dari seorang relawan.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Soal IndonesianYouth Conference, Kamu Sudah Tahu?

Memulai kesuksesan yang diawali sebagai relawan, toh, bukan iming-iming belaka. Sebuah survei yang dilakukan Corporation for National and Community Service (2015) menyatakan, orang yang menjadi relawan memiliki kesempatan 27 persen lebih besar menerima kerja ketimbang yang tidak.

Nah, itu baru satu manfaatnya. Masih ada manfaat lainnya yang berguna banget untuk kepribadian kamu. Apa saja? Berikut manfaat menjadi relawan yang bermanfaat untuk kepribadian kamu dan secara tidak sadar kamu dapat saat menjadi relawan:

Kebahagiaan melayani

Menjadi relawan adalah kegiatan melayani orang lain. Dengan melayani orang lain dengan sepenuh hati sehingga orang yang terlayani merasakan kebahagiaan, secara tak sadar kita juga mengalami kebahagiaan.

Belajar sesuatu yang baru

Tak banyak tempat yang bisa dijadikan wadah untuk belajar hal baru, seluas-luasnya dan se-salah-salah-nya, selain menjadi relawan.

Kesempatan menambah keahlian dan keterampilan

Akan ada banyak teman baru dari berbagai latar belakang. Itu adalah peluang untuk menambah keahlian dan keterampilan kamu lewat orang-orang yang punya banyak latar belakang tersebut. Dan belum tentu akan kamu temui di luar sana.

Kesempatan besar membangun hubungan dengan banyak orang

Dengan banyaknya orang baru yang kamu temui, adalah kesempatan kamu membuat sebuah jaringan baru, yang entah cepat atau lambat akan berguna untuk kamu di kemudian hari.

Baca juga: Ingin memperkenalkan komunitasmu di IYC 2017?

Melihat contoh sukses dan manfaat menjadi relawan, rasanya sulit untuk tidak mewujudkannya. Bukankah Sherry Anderson pernah mengatakan, “Volunteers don’t get paid, not because they are worthless, but because they are priceless.”

Kalau kamu ingin merasakan sensasi menjadi relawan, IndonesianYouth Conference (IYC) telah membuka kesempatan selebar-lebarnya untuk menjadi relawan. Penasaran? Cek di sini ya.

IndonesianYouth Conference adalah salah satu program andalan dari Sinergi Muda. IYC diadakan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat anak muda untuk tertarik dan dapat berkontribusi nyata dalam perubahan positif di Indonesia. Setiap tahunnya IYC dihadiri oleh ribuan anak muda dan puluhan tokoh nasional dan internasional, serta pekerja seni dan relawan komunitas.

Tahun ini IYC akan diadakan pada Sabtu, 16 Desember 2017 di TownSquare Cilandak, Jakarta. Kegiatan di dalamnya berisikan seminar, workshop, FGD, pertunjukan seni dan budaya, serta pameran komunitas.