Belum lama ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menghimpun pencarian kata di KBBI daring selama 2017 yang mencapai 10,7 juta dengan jumlah pencarian 25.881 per harinya. Kata “praktik” menjadi paling dicari selama 2017.

Sepanjang tahun ini pencarian kata “praktik” telah dicari sampai 14.998 kali. Dan diikuti oleh kata-kata lainnya seperti “risiko”, “analisis”, “daring”, “zaman”, “aktivitas”, “besar”, “teknologi”, “efektif”, dan “izin”.

“Pencarian kata-kata tersebut dilakukan oleh pekerja profesional, kebanyakan wartawan,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy, mengutip Antara (20/12).

Selain itu Kemdikbud juga merilis informasi terbaru seputar bahasa. Data terbaru ada 11 bahasa dari 71 bahasa daerah yang sudah dipetakan vitalitasnya dinyatakan punah, kebanyakan berasal dari Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Sementara empat bahasa daerah berstatus kritis, dua bahasa mengalami kemunduran, 19 bahasa terancam punah, 16 bahasa berstatus stabil namun terancam punah, dan 19 bahasa dinyatakan aman.

Jumlah bahasa daerah di Indonesia menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 652 bahasa. Meski begitu, Mendikbud belum dapat memastikan jumlah tersebut karena masih membutuhkan identifikasi lebih lanjut.

“Kita belum bisa memastikan jumlah sebetulnya bahasa daerah, mungkin sama dengan tidak validnya berapa jumlah pulau yang 17 ribu, itu kan kurang lebih, karena ada pulau yang pasang surut,” kata dia, menambahkan bahwa kementerian akan terus melakukan eksplorasi guna mengidentifikasi bahasa daerah baru.

sumber: Antara