Mungkin kamu belakangan jengah banget dengan keadaan sampah di sekitar kamu yang makin hari makin banyak saja. Akibatnya kamu jadi cemas kalau sampah-sampah itu bisa menyebabkan banjir. Tapi kecemasan kamu beralasan, kok.

Faktanya, berdasarkan data Bergerak Indonesia Bebas Sampah, setiap orang telah menghasilkan sampah 0,5 kg per harinya.

Perbandingan lain yang lebih besar ada di tingkat RW –rata-rata berpenduduk 1200 orang– yang menghasilkan sebanyak 600 kg sampah per hari.

Kalau diakumulasi dalam setahun jumlahnya mencapai 219 ton sampah. Itu baru dari lingkup kecil, belum lagi kalau dihitung per provinsi.

Maka dari itu kita perlu nih ikut berkontribusi untuk mengatasi persoalan sampah yang ada di sekitar. Caranya kamu bisa ikut kontribusi di Bergerak Indonesia Bebas Sampah (BIBS).

kredit: bergerak.bebassampah.id

BIBS merupakan wadah partisipatif yang memfasilitasi peran serta multi-pihak dalam menjawab tantangan persoalan sampah di Indonesia. Inisiatif Indonesia #BebasSampah2020 terbentuk dari semangat kerelawanan para individu dan komunitas di berbagai wilayah dalam mewujudkan gerakan nasional Indonesia bebas sampah di tahun 2020.

Dicanangkannya tahun 2020 juga tak lepas dari target pemerintah pada 2014 lalu agar Indonesia bisa bersih dari sampah di tahun 2020. Agar itu semua tercapai, maka diperlukannya target waktu yang sama.

Munculnya gerakan ini dilatarbelakangi keprihatinan akan tragedi TPA Leuwi Gajah, Cimahi, Jawa Barat, yang longsor dan membuat ratusan jiwa tewas tertimbun tumpukan sampah. Atas peristiwa tersebut maka ditetapkanlah Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) oleh pemerintah yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.

Lebih dari 11 tahun semenjak peristiwa berlalu, ironisnya volume sampah justru kian meningkat. TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) kian menggunung melebihi kapasitasnya, padahal ini tanggung jawab semua lapirsan masyarakat.

Coba deh kamu baca ini juga:

Bagi kamu yang ingin berkontribusi kamu bisa bergabung dengan Relawan Nasional: orang-orang yang melakukan proses aktifasi, mendata dan menjalankan kegiatan operasional terkait persiapan kegiatan BIBS secara Nasional.

Pendaftaran relawan nasional dapat melalui formulir yang disebarkan lewat edaran sosial media. Pendaftaran relawan dibuka sejak enam bulan sebelum pelaksanaan kegiatan dan ditutup jika sudah memenuhi kebutuhan relawan.

Untuk informasi lebih lengkapnya kamu bisa cek di situs resminya di bergerak.bebassampah.id atau lewat Instagram, Twitter, dan Facebook

Jadi tunggu apalagi, daripada cuma resah doang, mending turun langsung ikut terlibat.