Dua kali wilayah Lebak, Banten, Jawa Barat, dilanda gempa bumi. Gempa pertama terjadi pada Selasa (23/01) kemarin dengan kekuatan 6,1 SR dan gempa kedua terjadi hari ini, Rabu (24/01), dengan kekuatan 5,1 SR. Gempa bumi tersebut dapat dirasakan hingga ke kawasan Jakarta, Tangerang, dan Bogor. Meski tak berpotensi tsunami, gempa cukup mengejutkan masyarakat.

Gempa bumi adalah peristiwa yang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Karena gempa bumi memang peristiwa yang sulit diprediksi, beda halnya dengan aktivitas gunung api.

Karena sulitnya memprediksi gempa bumi, maka kita perlu tahu nih langkah-langkah yang harus dilakukan ketika tiba-tiba gempa bumi datang.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan saat gempa bumi terjadi, seperti dikutip dari Badan Penanggulangan Nasional Bencana (BNPB):

Jangan panik

Ini adalah yang pertama harus dilakukan, kita tidak boleh panik apabila gempa bumi terjadi, agar kita bisa memikirkan langkah selanjutnya.

Keluar rumah

Apabila kamu berada di luar rumah, cobalah keluar rumah dengan tenang, kemudian jauhi tempat-tempat yang berpotensi mudah rubuh seperti di pohon atau tiang listrik. Lalu carilah lapangan luas dan tunggulah sampai gempa selesai.

Berlindung di bawah meja

Bila kebetulan kamu sedang berada di sekolah, kampus, atau berada di gedung cobalah untuk tidak keluar dari tempat menggunakan tangga atau lift. Tapi cobalah berlindung di bawah rangka bangunan yang kuat. Bisa juga dikolong meja atau kursi kemudian peganglah kaki-kakinya dengan erat sampai gempa berakhir.

Namun bila tak menemukan meja, kamu bisa menggunakan benda seperti bantal untuk menutupi kepala kamu dan menjauhlah dari benda-benda pecah belah.

Parkir kendaraan dengan segera

Bila kamu sedang berada di kendaraan dan dalam perjalanan, maka sesegera mungkin parkir kendaraan kamu di tempat terbuka. Dan keluarlah dari kendaraan serta jauhi persimpangan.

Sedangkan kamu yang berada di dalam kereta api, peganglah dengan kuat tiang atau kursi sehingga kamu tidak akan jatuh apabila kereta api berhenti mendadak.

Mengungsi ke dataran tinggi

Sedangkan buat kamu yang sedang berada di pantai sebaiknya kamu segera mengungsi ke dataran tinggi untuk menjauhi bila terjadi tsunami.

Nah demikian langkah-langkah yang bisa kamu lakukan apabila terjadi gempa bumi di daerah rumah kamu. Semoga bermanfaat ya