The Leader adalah sebuah organisasi kepemudaan berbadan hukum yang fokus pada pengembangan pemuda di Aceh yang beranggotakan sepuluh pemuda dari berbagai latar belakang minat dan profesi yang berbeda dan punya keinginan besar untuk ‘berbuat sesuatu’ sejak dari level komunitas hingga level global.

The Leader menyadari ada banyak sekali masalah di dunia, khususnya di Aceh. mulai dari kemiskinan, kerusakan ekosistem, korupsi, kualitas pendidikan yang rendah, pelanggaran HAM, hingga praktik politik praktis yang tidak beretika. Namun kami percaya, bahwa sebenarnya yang dibutuhkan oleh Aceh untuk menyelesaikan masalah tersebut bukanlah uang yang banyak, fasilitas tercanggih, atau pun produk peraturan pemerintah paling mutakhir, melainkan pemuda-pemuda nya yang memiliki kapasitas dan ketulusan hati untuk mengabdi kepada daerahnya. The Leader menaruh harapan besar terhadap pemuda Aceh dan fokus terhadap pengembangan kapasitas mereka kearah yang lebih positif. Di tangan pemudalah masa depan terjadi.

Sehubungan dengan pengembangan kapasitas pemuda Aceh seperti yang sudah dijelaskan diatas, The Leader secara konsisten melakukan beberapa program utama, yaitu Dream Maker, Kelas Kreatif, Ngobrol Inspiratif (Ngopi), Liburan Produktif, dan Sobat Buku. Program utama The Leader yaitu DreamMaker terpilih sebagai pemenang Indonesia MDGs Awards 2013 kategori pendidikan dari organisasi pemuda pada Maret 2014 lalu.