Ketersediaan energi, terutama fosil (minyak bumi, gas bumi, dan batubara) menjadi bagian sangat penting baik dalam aspek kehidupan manusia maupun pembangunan nasional. Namun ketersediaan energi tersebut sangatlah terbatas. Maka dari itu kita membutuhkan renewable energy atau energi terbarukan. Apa itu energi terbarukan?

Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari proses alam yang berkelanjutan, seperti tenaga matahari, angin, dan lainnya. Sangat banyak energi terbarukan yang sebenarnya dapat kita manfaatkan, namun di sini kita akan membahas nuklir dan solar panel.

Tahu enggak sih kalau sebenernya nuklir merupakan energi yang sangat aman?

Pasti sangat banyak yang kontra dengan kalimat tersebut. Kebanyakan dari kita hanya melihat dan mendengar berita bahawa nulir dapat menyebabkan hal-hal yang dampaknya menghancurkan dengan kapasitas besar, tentu akan timbul persepsi negatif.

Sebenarnya tidak salah juga mempunyai persepsi itu, tapi mari sama-sama kita belajar, dan mencari tahu.

For your information, bisa saja sewaktu-waktu PLN memnfaatkan energi nuklir untuk pembangkit listrik jika pemerintah mengiizinkannya. Namun, permasalah di Indonesia sampai saat ini masih adanya pihak yang kontra. Padahal kalau diteliti secara lebih dalam, energi nuklir itu masih banyak dan dapat mengatasi kekurangan energi listrik di daerah tertinggal.

Penerimaan masyarakat Indonesia terhadap nuklir, belive or not tertinggi di dunia, yatitu sebesar 77,5 persen, dan tiap tahun naik terus. Tetapi mereka takut dengan berbagai isu negatif yang berkembang akan dampak negatif penggunaan nuklir.

Kalau kita bicara dengan banyak orang, termasuk jajaran pemerintah pun, sebenarnya masyarakat itu bukan tentang ada nuklir atau tidak, tetapi yang penting ada listrik atau tidak dan yang penting listrik murah dan dapat menyala selama 24 jam. Problemnya, banyak kelompok yang tidak setuju dengan penggunaan nuklir dan mengambangkan isu-isu miring.

Sebegai generasi muda, teruslah berinovasi apapun bidang yang saat ini kalian tekuni, sebisa mungkin ciptakan perubahan yang dapat membawa kebaikan dan kemajuan negeri ini, sekalipun nanti kamu memiliki kesempatan mengenyam menambah pengalaman di negeri orang, pergunakanlah ilmu itu untuk mengembang negri sendiri.

Sayang banget kalau Indonesia dengan segala kekayaan dan keanekaragaman populasinya masih keterbelakangan dalam hal kesejahteraan hidup.

Kalau kita sebagai generasi muda bisa meningkatkan kesejahteraan, secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negeri ini.

Apapun yang kamu tekuni dan miliki saat ini, jalani sebaik mungkin dengan tujuan dapat memberikan dampak baik juga bagi orang lain. Jangan takut mencoba dan ubahlah paradigma-paradigma pemikiran sempit yang mungkin selama ini membuat kita takut untuk maju dan berinovasi.

Berusaha sabaik mungkin menciptakan energi terbaru demi menyelamatkan penduduk bumi ini, but tetap memperhatikan keselamatan dan keseimbangan bumi. Jangan sampai meningkatkan kualitas manusianya, tapi menurunkan kualiatas keasriannya.