Kabar mengejutkan datang dari vokalis kelompok musik asal Irlandia, Dolores O’Riordan, yang meniggal secara mendadak di Hotel London Hilton, Senin (15/01) petang waktu setempat. Dolores meninggal di usia 46 tahun.

Meniggalnya Dolores memang terbilang mengejutkan, sebab dirinya tengah berada di London untuk menjalani sesi rekaman. Namun sayang dirinya sudah ditemui tak bernyawa di kamar hotel. Dan sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya Dolores.

Akan tetapi, berdasarkan informasi yang dihimpun, keluarga membenarkan bahwa Dolores belakangan ini menderita sakit parah. Pada pertengahan tahun lalu, kelompok musik yang meledak lewat album Everybody Else Is Doing It, So Why Can’t We? ini juga sempat membatalkan tur keliling Eropa karena sang vokalis harus istirahat total lantaran gangguan di punggungnya.

Dolores Mary Eileen O’Riordan lahir pada 6 September 1971 dan dibesarkan di kota Ballybricken, County Limerick, Irlandia. Dia adalah putri dari pasangan Terence dan Eileen O’Riordan dan anak bungsu dari tujuh bersaudara. Dia mengenyam pendidikan di sekolah FCJ Laurel Hill Colaiste di Limerick.

Pada tahun 1990, O’Riordan mengikuti audisi dan dikontrak sebagai vokalis utama sebuah band bernama The Cranberry Saw Us lalu dan seperti kita kenal berganti menjadi The Cranberries.

Coba baca juga deh:

Sepanjang kiprahnya kelompok musik ini sudah merilis lima album, yaitu Everybody Else Is Doing It, So Why Can’t We? (1993), No Need to Argue (1994), To the Faithful Departed (1996), Bury the Hatchet (1999), dan Wake Up and Smell the Coffee (2001), serta album kompilasi lagu-lagu terpopuler berjudul Stars: The Best of 1992–2002 (2002), sebelum akhirnya bubar pada tahun 2003 dan kembali pada 2009.

Kiprah The Cranberries di dunia musik semakin moncer pada tahun 1994 lewat album No Need to Argue dengan single-nya berjudul Zombie.

Zombie adalah lagu yang ditulis sendiri oleh Dolores atas pengalaman dan kesaksiannya sendiri saat peristiwa peledakan bom yang dilakukan oleh kelompok bersenjata Provisional IRA di Chesire, Inggris, yang menewaskan dua bocah tak berdosa. Tak heran bila video clip lagu tersebut menampilkan banyak anak kecil di dalamnya.

Selamat Jalan Dolores O’Riordan!