Enggak bisa dipungkiri nih kalau kita sudah ketergantungan banget sama internet. Sekarang hal apa yang dilakukan tanpa menggunakan internet? Ngerjain tugas, nonton, cari makan, belanja dan sebagainya pasti butuh internet. Tapi kamu sering merasakan juga kan kalau internet di negara kita ini lemot dan bikin dongkol?

Merujuk pada laporan State of the Internet Report Q1 2016 yang dirilis akhir Juni lalu oleh perusahaan penyedia komputasi awan dan pengiriman konten Akamai Technologies asal Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, Indonesia berada pada urutan 94 untuk rata-rata kecepatan akses Internet (average connection speed) di Asia Pasifik dengan catatan 4,5 Mbps. Tapi pencapaian itu sudah menigkat 110 persen, kok, dibandingkan periode yang sama tahun 2015.

Coba baca juga deh:

Sedangkan menurut Perusahaan penasehat media asal Inggris, Cable, pada 2017 kemarin, Indonesia menempati peringkat ke-75 dengan waktu mengunduh film HD 7,5 GB dengan 3 jam 17 menit 29 detik. Rata-rata kecepatan internet Indonesia mencapai 5,19 Mbps.

Bandingkan dengan Singapura yang tercepat di Asia, bahkan di dunia dengan kecepatan unduhan rata-rata internet mencapai 55,13 Mbps.

Kok, internet di Indonesia lemot banget, kenapa ya? Penasaran? Yuk tonton video di bawah ini:

 

sumber: Kompas.com, CNN Indonesia, Kok Bisa Channel.