IndonesianYouth Conference (IYC) adalah sebuah program tahunan dari Sinergi Muda yang mengenalkan anak muda kepada isu sosial di sekitarnya, serta menghubungkan dengan berbagai komunitas untuk berafiliasi dalam mengembangkan minatnya. Tapi apakah kamu sudah tahu kalau IndonesianYouth Conference hadir lebih dulu daripada Sinerig Muda?

Ceritanya, secara resmi IYC pertama kali diadakan pada tahun 2011 dan digagas oleh Alanda Kariza. Namun, ketika itu, IYC mengalami deadlock soal legalitas.

“Waktu itu founder-nya belum kepikiran Sinergi Muda,” kata Ketua IYC 2017 Gilang Pratama Putra saat jumpa pers IndonesianYouth Conference 2017 di Menara KIBAR, Jakarta, Selasa (12/12/2017). “Sampai pada akhirnya 2011 kita mengalami kesulitan bagaimana badan hukumnya, itu terkait legalitas kepada sponsor dan partner lainnya.”

Dari situ, akhirnya IYC memutuskan membuat Sinergi Muda untuk memudahkan program-program lanjutan dari IndonesianYouth.

“Sehingga kita di 2012 dan seterusnya bisa mulai membuat program-program lanjutan,” ujarnya.

Dan saat ini Sinergi sudah memilik banyak program seperti IndonesianYouth Camp, IndonesianYouth Pitstop, IndonesianYouth.org, dan IndonesianYouth Conference itu sendiri.

Tahun ini IndonesianYouth Conference 2017 kembali hadir dengan topik-topik dan konsep terbaru yang diselenggarakan di Townsquare Cilandak, Jakarta, Sabtu 16 Desember nanti.

Di tahun ini pula IYC mengusung tema “Kami Masa Depan” dengan tujuan mengajak anak-anak muda menggali potensinya masing-masing untuk masa depan secara bersama-sama.

“Kalau tidak bareng-bareng kita akan tergilas masa depan. Karena kita tahu mengubah masa depan tidak mudah membalikkan telapak tangan. Jadi harus bareng-bareng,” pungkas Gilang.