Memasuki tahun baru ini kamu tentu sudah membuat segudang resolusi yang siap kamu wujudkan dong di tahun ini? Tapi jangan sampai lupa, kamu juga sudah harus menyiapkan daftar buku yang harus kamu selesaikan selama tahun ini. Agar, tetap bisa menambah pengetahuanmu. Tapi kamu masih bingung buku apa yang ingin kamu baca? Tenang, kami punya daftar buku yang direkomendasikan Bill Gates untuk kamu baca.

“Membaca adalah cara paling favorit memanjakan keingintahuan saya,” kata Bill Gates dikutip situs pribadinya. “Meskipun saya beruntung bisa bertemu dengan banyak orang yang menarik dan mengunjungi tempat-tempat menarik melalui pekerjaan, saya masih menganggap buku adalah cara terbaik untuk mengeksplorasi topik baru yang menarik.”

Memang buku apa sih yang dibaca Bill Gates?

Lewat situs pribadinya itu Bill Gates menceritakan kalau dirinya telah membaca lima buku terbaik yang pernah ia baca. Berikut buku-buku yang dibaca dan direkomendasikan Bill Gates untuk kamu:

The Best We Could Do – Thi Bui

Novel ini adalah memoar yang mengeksplorasi bagaimana menjadi orangtua dalam pengungsian. Penulis menceritakan saat keluarganya melarikan diri dari Vietnam pada tahun 1978. Setelah melahirkan anak sendiri, dia memutuskan untuk belajar lebih banyak tentang pengalaman orangtuanya yang tumbuh di sebuah negara dengan kondisi buru akibat penjajahan asing.

Evicted: Poverty and Profit in the American City – Matthew Desmond

Jika kamu ingin mengetahui dan memahami pemahaman tentang isu-isu kemiskinan di Amerika, kamu harus membaca buku ini: tentang krisis penggusuran di Milwaukee. Desmond berhasil menulis dan memotret dengan sangat ciamik tentang bagaimana orang Amerika yang hidup dalam kemiskinan.

“Dia memberi saya pengertian yang lebih baik tentang bagaimana rasanya menjadi miskin di negara ini daripada yang telah saya baca (sebelum-sebelumnya),” kaa Bill Gates.

Believe Me: A Memoir of Love, Death, and Jazz Chickens – Eddie Izzard

Buku ini menceritakan pengalaman penulis sendiri yang berjuang keluar dari bayang-bayang kesulitan di masa kecilnya, sehingga ia harus bekerja keras tanpa henti sampai pada akhirnya sukses menjadi bintang internasional.

“Jika kamu penggemar berat dia, seperti saya, kamu akan menyukai buku ini,” kaa Bill Gates.

The Sympathizer – Viet Thanh Nguyen

Kebanyakan dari apa yang sering kita baca dan tonton tentang Perang Vietnam terlalu fokus pada perspektif Amerika. Tapi tidak dengan buku satu ini, buku yang direkomendasikan oleh pendiri Microsoft ini. Buku ini menggambarkan serta turut membawa pembacanya masuk ke dalam bagaimana menjadi seorang warga Vietnam di masa perang saat itu.

“Terlepas dari betapa gelapnya itu, The Sympathizer adalah cerita mencengkeram tentang agen ganda dan masalah yang dia hadapi,” kata Bill Gates.

Energy and Civilization: A History – Vaclav Smil

Buku ini agak beda dengan buku-buku lainnya. Energy and Civilization: A History menggambarkan secara menyeluruh tentang bagaimana energi membentuk sejarah manusia -dari era pabrik bertenaga keledai hingga pencarian energi terbarukan saat ini.

Memang, buku ini tidak mudah untuk dibaca dan dipahami, namun kalau kamu tertarik bisa membaca dengan perlahan-lahan agar bisa memahami gambaran dari yang diungkapkan penulis.

“Namun pada akhirnya Anda akan merasa lebih pintar dan tahu lebih baik tentang bagaimana inovasi energi mengubah jalannya peradaban,” kata Bill Gates.