Berbicara tentang perubahan tak bisa lepas dari peran anak muda. Tak pelak, anak muda punya julukan lain yakni agent of change. Setidaknya demikian yang disampaikan musikus papan atas Indonesia, Vidi Aldiano, tentang tanggapannya mengenai anak muda di Indonesia saat menjadi pembicara di IndonesianYouth Conference 2017 dalam sesi Big Inspiring, di Townsquare Cilandak, Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

Vidi menilai, anak muda Indonesia adalah generasi-generasi produktif dan mampu memabawa Indonesia ke arah lebih baik. “Dengan bonus demografi, gue yakin persiapan bangsa kita sendri, generasi muda ini, sudah luar biasa,” katanya.

Ia, bersama anka muda lainnya, juga berharap bisa menjadi agent of solution melihat tingkat kreativitas anak muda di Indonesia begitu besar, dan banyaknya peluang –diubah menjadi kesempatan kerja– saat ini.

“Mungkin kita masih muda, kita belum punya a lot of experience, jadi apa yg kita punya? Kita punya ide. Zaman dulu lo punya banyak ide tapi terhamabat. Sekarang lo punya ide, lo punya banyak peluang. Gue melihat adanya peluang disana. Makannya gue buat sebuah platform krowd.id,” jelasnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, musikus 27 tahun ini mengisahkan bagaimana perjuangannya membangun sebuah paltform kolaborasi, krowd.id.

Vidi Aldiano di IndonesianYouth Conference 2017 dalam sesi Big Inspiring, di Townsquare Cilandak, Jakarta, Sabtu (16/12/2017)/dokumentasi IYC 2017.

Semua bermula di tahun 2006 silam, di mana dirinya punya hasrat memiliki karya lantaran kecewa dengan lagu di kantin sekolahnya. Pelantun tembang Nuansa Bening itu pun kemudian memutuskan membuat album sendiri di rumahnya. Tujuannya masih sama, mengganti lagu di kantin sekolahnya.

“Gue bikin album sendirian, ngabisin waktu tiga tahun,” ungkapnya.

Namun perjuangan pria yang terlahir dengan nama Oxavia Aldiano tak hanya sampai di situ. Dirasa album rekamannya rampung, ia mencoba mendatangi, setidaknya, enam dapur rekaman.

“Tapi, keenamnya nolak. Nolak album mahakarya Vidi Aldiano yang gue bikin di rumah selama tiga tahun,” kisahnya.

Diungkapkan Vidi, justru dari situlah dirinya membangun krowd.id sekaligus menjadi titik awal dirinya berkecimpung di dunia musik.

“Jadi itu background gue buat krowd.id. Ini belum launching, baru bulan depan,” pungkasnya.

Bagaimana, para VIDIES pasti sudah enggak sabar ya seperti apa jadinya krowd.id? Kita tunggu sama-sama, yuk!