Menurut Youthmanual, 92 persen dari siswa SMA tidak tahu ingin menjadi apa di masa depan dan 90 persen mahasiswa merasa salah mengambil jurusan perkuliahannya. Hal tersebut dikarenakan anak-anak muda di Indonesia kurang mendapatkan guidance mengenai dunia perkuliahan dan juga dunia karier. Karenanya, Youthmanual ingin membantu anak-anak Indonesia dengan cara memberikan informasi sebanyak-banyaknya mengenai dunia perkuliahan dan juga karier.

Pada abad ke-21 ini, perkembangan teknologi berkembang sangat cepat sehingga tidak hanya mempengaruhi dunia pendidikan, tetapi juga jenis-jenis profesi dan karier yang ada. Sekarang banyak jenis-jenis profesi baru yang muncul seperti Social Media Specialist, Big Data Analyst, Food Stylest, UI/UX Designer, dan juga Digital Marketing. Hal tersebut memengaruhi Generation Z dalam merencanakan dan juga menentukan karier mereka.

Salah satu tantangan yang ada di era modern sekarang ini bagi Generation Z adalah hadirnya robot-robot pintar yang mampu menggantikan peran manusia dalam bidang pekerjaan tertentu. Faktanya, robot akan menggantikan pekerjaan manusia di Amerika hingga 40 persen, di Inggris 30 persen, di Jerman 35 persen, dan Jepang 21 persen. Di Indonesia sendiri, empat dari 10 orang percaya bahwa robot dapat melakukan pekerjaan lebih baik dari dirinya sendiri.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh Generation Z untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut? Pertama, kita harus mengeksplorasi diri kita. Ketika kita ingin merancang masa depan dan karier, kita mulai dari diri sendiri. Kita dapat mengeksplorasi diri sendiri dengan mencoba berbagai hal. Mencari orang terpecaya dan menjadikan mentor untuk menitih karier, misalnya.

Kedua, kita harus eksplorasi berbagai pilihan yang ada. Coba berbagai bidang yang berbeda untuk mengetahui mana yang paling sesuai dengan kita.

Terakhir, tentukan role model yang sesuai dengan kita. Namun akan jauh lebih mudah bagi kita untuk merancang masa depan ketika kita memiliki role model. Mungkin kita tidak akan persis menjadi seperti role model kita, tetapi setidaknya kita ada gambaran tentang apa yang kita inginkan. Setiap orang itu unik dan punya caranya masing-masing, jadilah diri kita sendiri.

Berikut ini ada 10 skill yang dibutuhkan di abad 21 menurut Youthmanual:

  1. Self Awareness
  2. Grit
  3. Curiosity
  4. Empathy
  5. Communication Skill
  6. Information Literacy
  7. Collaboration
  8. Critical Thinking & Problem Solving
  9. Idea Generation
  10. Leadership

Jika kita sudah punya perencanaan yang bagus dan juga skill-skill yang mumpuni, kita akan sukses menghadapi rintangan abad ke-21.