Teknologi telah mengalami perkembangan besar-besaran. Setidaknya dalam dekade terakhir. Banyak kemudahan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya dan kemudian kini menjelma jadi sesuatu yang akrab bagi dalam kehidupan kita. Kita telah memasuki era reformasi informasi dan digital.

Dulu, cara kita berkomunikasi dengan sosok terkenal yang hadir di televisi harus melewati birokrasi yang panjang: menulis surat, mengirim surat, menunggu surat di terima oleh kantor, dan berharap surat itu sampai ke tangan sosok yang kita maksud. Sedang sekarang, sangat mudah bagi kita untuk berkomunikasi dengan sosok terkenal yang kita kagumi lewat internet atau secara spesifik: media sosial. Kita cukup mengirim mereka tweet, mengirim komentar di kolom foto Instagram, dan banyak cara lain yang mampu memangkas jarak ruang maupun waktu.

Seperti yang digambarkan lewat film dokumenter berjudul Everything’s Under Control, sang sutradara, asal Austria Werner Boote membawa gawai pintar-nya dalam sebuah perjalanan dari London, Austria, Hongkong, hingga Kuba.

Boote berusaha untuk merespon keadaan di mana kita hidup sekarang secara lebih mendalam, tidak hanya perihal kemudahan yang dihadirkan media sosial, tapi juga bagaimana sekarang teknologi kamera pengintai atau CCTV dipasang di sudut-sudut kota untuk mengawasi kita, bagaimana semua data yang kita kirim lewat media sosial dihimpun menjadi sebuah Big Data, serta bagaimana aktivitas yang kita lakukan di internet dipelajari sehingga muncul iklan personalized yang sesuai dengan aktivitas internet kita. Semua kegiatan di atas menghasilkan informasi.

Namun ke mana semua informasi ini pergi? Siapa yang memiliki akses terhadap informasi ini? Apa yang akan dilakukan dengan seluruh informasi ini? Apakah kita semakin bebas, atau justru kita secara tidak sadar, semakin dikontrol?

Selama 90 menit, kita akan dibawa pada sebuah perjalanan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Dengan gayanya yang serba ingin tahu namun menawan, Boote menemui berbagai lapisan masyarakat, mulai dari ahli pengawasan dari beragam sektor industri, anggota pergerakan hak warga sipil Big Brother Watch, aktivis digital dari Wikileaks, hingga akademisi dari berbagai latar belakang.

Boote mengajak kita untuk mempertanyakan kehidupan sehari-hari dalam dunia yang kita anggap wajar dan baik-baik saja, malah kita malah senang karena segala kemudahan yang ada walau sebenarnya kita selalu diawasi dan dikontrol oleh mereka yang memiliki akses terhadap data-data kita.

Film ini dapat ditonton di Erasmus Huis Exhibition pada tanggal 7 Mei 2017 pukul 12.00 dan 11 Mei 2017 pukul 19.30 serta di Kineforum pada tanggal 14 Mei 2017 pukul 14.30 sebagai bagian dari rangkaian Europe On Screen 2017.

Bersama dengan 73 film lain dari 20 Negara Eropa, film-film ini diputar secara gratis dan serempak sejak 5 Mei 2017 kemarin hingga 14 Mei 2017 di 8 tempat: Erasmus Huis, GoetheHaus, Institut Francais, Istituto Italiano, Kineforum, Bintaro Exchange, Gandaria City Mall serta SAE Institute.