Pameran buku Big Bad Wolf (BBW) 2017 kembali digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, pada 21 April hingga 2 Mei 2017. Jutaan buku bisa kamu dapatkan dengan harga murah kapan saja, sebab pameran ini buka selama 280 jam nonstop, lho!

Eitss… sebelum pergi ke pameran ini, baca dulu tips berburu buku di Big Bad Wolf 2017 dari kami, supaya kamu enggak nyesal menghabiskan banyak uang demi buku-buku di sana.

Tentukan buku yang ingin dibeli

Buku-buku yang dijual di BBW pun beragam. Mulai dari buku anak, kesehatan, fantasi, novel, biografi, perjalanan, fotografi, dan masih banyak lagi. Adapula koleksi non buku seperti mainan edukatif untuk anak-anak yang dijual di sini.

Sebelum pergi ke BBW, tentukan buku apa yang ingin dibeli. Kamu bisa melihat daftar buku di website resmi BBW, melihat referensi buku-buku di media sosial yang sudah dibeli pengunjung, bisa juga melihar ulasannya di Goodreads. Jangan lupa, buatlah daftar buku yang jadi incaranmu.

Bawa uang secukupnya

Setelah menentukan buku yang ingin dibeli, jangan lupa untuk membawa uang secukupnya. Hal ini juga bermaksud untuk mencegahmu jadi kalap dan boros ketika berada di sana nanti. Sebagai informasi, event ini disponsori oleh Bank Mandiri sehingga sudah dipastikan hanya kartu ATM Mandiri saja yang bisa kamu gunakan, seandainya tidak membawa uang tunai.

Bawa koper

Memangnya ingin mudik? Enggak, kok. Kalau belanjaanmu banyak banget dan satu sampai dua troli tidak cukup untuk buku-bukumu, ada baiknya kamu membawa koper sendiri. Tidak jarang lho, pengunjung membawa koper karena belanjaan mereka sangat banyak. Apalagi, troli yang disediakan hanya 4.000 buah saja.

Rajin mengubek buku

Meski buku-buku di BBW disusun per genre, tapi kamu akan menemukan banyak buku nyasar atau buku yang tempatnya enggak sesuai. Hal ini biasanya dikarenakan pengunjung menaruh buku yang tidak jadi mereka beli sembarangan.

Jadi, jangan ragu untuk mengubek-ubek rak buku, ya! Siapa tahu, kamu bisa menemukan harta karun alias buku yang kamu incar di rak buku tertentu. Tapi ingat, jangan sampai membuat susunan buku makin teracak, ya.

Jangan terlalu banyak mikir

Kalau kamu ketemu buku bagus, langsung ambil saja dan masukkan ke trolimu. Daripada kamu harus muter-muter lagi dan ujung-ujungnya malah menyesal karena tidak jadi atau tidak bisa membeli buku yang diinginkan. Apabila memang tidak jadi membeli buku tersebut, nanti isi trolimu bisa disortir di tempat yang sudah ditentukan, kok. Kalau tidak jadi membeli pun, akan disediakan pula tempat untuk menaruh buku-buku tersebut.

Pakai kaus dan sandal

Tak perlu berdandan rapi, bahkan sampai memakai sepatu hak tinggi. Lebih nyaman kalau kamu pakai kaus, celana santai, juga sandal. Sebab, kamu pasti akan betah berburu buku berlama-lama di BBW. Buatlah dirimu senyaman mungkin ketika sedang berada di sana. Belum lagi, kamu harus sabar mengantre di kasir.

Datang saat dini hari

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, BBW ini buka 280 jam nonstop. Jadi, kamu bisa datang kapan saja. Namun, kalau kamu tidak terlalu suka berburu buku di jam-jam ramai, datanglah saat dini hari di mana jumlah pengunjung akan lebih sedikit. Saat dini hari, antrean kasir juga tidak terlalu panjang, kok.

Jangan lupa makan

Sebelum berburu buku, pastikan tenagamu sudah terisi penuh, ya. Apalagi buatmu yang berencana berjam-jam berada di sana. Namun, di area BBW juga ada food court, kok. Tak ada salahnya mampir sejenak untuk mengisi perutmu. Minimal, kamu bawa air minum sendiri, deh, untuk mengatasi rasa hausmu.

Gunakan jasa titip buku

Wuihh… kamu borong banyak buku tapi kewalahan membawa semua barang-barangmu? Gunakan saja jasa penitipan buku di pos penitipan yang berada di dekat kasir. Pos ini buka selama 24 jam.

Berburu bareng teman

Berburu buku sendirian kadang enggak asyik! Ajak deh temanmu yang juga seorang bookworm. Nah, kalau salah satu dari kalian sudah selesai berbelanja, mintalah untuk mengantre di kasir terlebih dahulu sehingga kamu bisa mencegah antrean yang lebih panjang lagi.

Nah, selamat berburu, ya!