Gema takbir yang tulus menyambut Hari Raya Idul Fitri telah bersahutan. Menandakan berakhirnya Ramadan. Segala aktivitas jasmani di siang hari yang tertahan bagi mayoritas warga negara Indonesia telah berakhir. Silakan nikmati lagi gelas-gelas berkeringat di siang hari. Terima kasih pada seluruh umat beragama yang sudah menanamkan secuil dari makna kebhinnekaan. Semoga ini tetap terjaga.

Berpisah (dengan Ramadan), bagi kami, memiliki kesedihan tersendiri. Lagi pula adakah perpisahan yang tak memilukan, meski di balik itu semua kerinduan (pada Ramadan) akan menghiasi seiring dengan perpisahan?

Perpisahan dan kerinduan juga hadir sekaligus, dalam tiap-tiap jiwa pemudik. Mereka rela mengucapkan selamat tinggal pada ibu kota untuk sementara waktu, demi memuaskan hasrat rindu kampung halaman. Oleh sebab itu, terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara barangkali bisa menjadi tempat yang paling jujur untuk mengungkapkan apa yang tak pernah terucapkan.

***

Di hari yang baik ini, sudilah kiranya kawan-kawan memaafkan dosa-dosa kami dalam praktik penulisan, baik sejak masih bernama Mudazine, hingga kini berubah menjadi IndonesianYouth.org.

Kami bukan portal berita, dan kami sadar, kami masih jauh dari kata ideal. Kekeliruan demi kekeliruan tanpa disadari bisa saja hadir dalam tiap teks yang kami coba sajikan. Bentuk typo boleh jadi yang paling sering, namun tak jarang pula kami gagal dalam menghadirkan konteks dalam tiap teks yang tersedia di IndonesianYouth.org.

Kami memiliki keterbatasan yang tak dapat dipungkiri. Mulai dari jumlah sumber daya manusia, hingga keterbatasan kemampuan menuangkan apa yang ada dalam pikiran ke dalam tulisan. Seringkali saran dan kritik justru melayang dari pikiran kami sendiri, karena ketidakpuasan.

Terlalu utopis rasanya jika kami selalu bisa menghasilkan teks yang disukai oleh semua pembaca. Mustahil bisa berhasil lolos dari kekeliruan. Tapi setidaknya, kami terus berusaha agar bilamana terjadi penempatan yang tidak tepat dalam teks-teks yang kami sajikan, itu bukan kesalahan, melainkan semata karena kekeliruan.

Semoga kami bisa terus mengoreksi otak kami sendiri demi meminimalisir kesalahan. Semoga teks-teks yang hadir di IndonesianYouth.org dapat bermanfaat. Paling tidak, untuk kami sebagai sarana pembelajaran berbagai hal.

Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekeliruan yang pernah hadir dari kami. Atas nama redaksi IndonesianYouth.org mengucapkan:

Selamat ulang tahun, Lionel Messi!

Tuh, kan, udah salah. Keliru lagi.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Mohon maaf lahir dan batin.