Ketika masih duduk di bangku kuliah, sepertinya pakaian kasual cukup nyaman untuk dikenakan. Namun rupanya, pakaian kasual tak hanya disenangi untuk dipakai di keseharian saja, lho. Saat bekerja, orang-orang juga senang dengan pakaian yang santai, tapi tetap sopan.

Portalhr menyebutkan bahwa salah satu perusahaan rekrutmen di Amerika Serikat benama Office Team melapokan bahwa pakaian kasual malah membuat para pekerja profesional kebingungan. Ada apa?

Sebanyak 56% persen orang menyatakan bahwa mereka lebih suka mengenakan pakaian santai saat berada di kantor. Akan tetapi, ada lebih dari 40% orang yang tak yakin mereka pantas mengenakan pakaian yang dipilih saat berada di kantor.

Mereka yang berumur 18-34 tahun terkadang tak tahu apakah pakaian mereka pantas untuk dikenakan di kantor. Kendati begitu, mereka tidak menolak untuk mengenakan pakaian formal.

Faktanya, para pria (54%) lebih memilih untuk mengenakan pakaian formal dibandingkan wanita (30%). Kendati demikian, 90% responden mengungkap bahwa mereka ingin mengenakan pakaian kasual karena bisa membuat mereka lebih nyaman.

Fakta lainnya, satu dari empat responden mengemukakakn bahwa perusahaan di mana mereka bekerja tidak menjelaskan pakaian (atasan dan bawahan) macam apa yang seharusnya mereka gunakan saat berada di kantor. Hanya saja, perusahaan mengimbau untuk tidak menggunakan sandal jepit.

Padahal, para pekerja ingin sekali mengenakan pakaian dan atribut di bawah ini saat mereka bekerja di kantor. Namun, lagi dan lagi, tidak ada aturan jelas yang menyebutkan apakah pakaian yang akan dikenakan itu pantas atau tidak.

Berikut daftarnya:

Atasan: Atasan model off-shoulder, kemeja Hawaii, sweater ketat, baju olahraga, atasan berpotongan rendah, piyama, jockey jersey, atasan berbahan tipis

Bawahan: Leggings, jeans, fishnet stockings, celana capri, celana pendek, celana cargo, jeans warna warni, rok pendek

Alas kaki: Sandal jepit, sepatu tenis

Lain-lain: Topi baseball

Kendati begit perwakilan dari OfficeTeam, Brandi Britton, juga tidak yakin jenis pakaian apa yang seharusnya dikenakan di kantor.

“Selain mengikuti peraturan perusahaan, pekerja juga harus memperhatikan pakaian rekan kerja dan atasan mereka. Jika Anda merasa tidak yakin, akan lebih baik jika Anda menghindarinya dengan mengenakan pakaian yang aman,” ungkapnya, seperti tertulis di Portalhr.

Sumber: Portalhr.com