Indonesia boleh berbangga hati. Sejumlah anak-anak bangsa, melalui karya-karyanya selalu mengundang decak kagum. Kali ini giliran paduan suara SMAN 34 Jakarta, Grazia Vocalista, yang berhasil mengharumkan nama bangsa.

Grazia Vocalista sukses menyabet penghargaan dalam lomba paduan suara internasional The 10th Orientale Concentus, International Choral Festival 2017 di Singapura pada Senin, 10 Agustus lalu. Tak tanggung-tanggung, mereka menyabet dua penghargaan, yakni Gold Grade III pada Kategori Mixed Voices dan Silver Grade II pada Kategori Folklore.

Penghargaan ini diakui di luar dugaan. Sebab, mereka merasa kurang baik saat tampil. “Kami tak menyangka dapat penghargaan ini karena nilai tertinggi justru diraih pada lagu yang sebenarnya (kami rasa) kurang baik saat ditampilkan,” ucap Andrew Manurung, salah satu anggota Grazia Vocalista, seperti dikutip Kompas.com.

Paduan suara yang dibentuk pada 1989 ini memiliki 41 anggota dan satu konduktor Kenar Pradipto. Mereka sempat menyelenggarakan konser pra-kompetisi pada 6 Mei lalu.

Dalam The 10th Orientale Concentus, International Choral Festival 2017, ada 36 kelompok paduan suara dari Sembilan negara yang berpartisipasi. Selain Indonesia, ada Ceko, Hongkong, Taiwan, Afrika Selatan, dan Filipina.

sumber: Kompas.com