Ujian Nasional memang sudah berakhir. Namun, bukan berarti tugas kamu selesai begitu saja. Waktu terus berputar, hidup harus terus berjalan, dan aktivitas harus tetap ada.

Seiring berakhirnya UN, maka akan datang waktu liburan yang cukup panjang. Waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk mempersiapkan sebelum kamu masuk ke dunia yang baru, dunia perkuliahan.

Lalu langkah apa saja ya yang kamu harus lakukan setelah UN?

Mencari jurusan kuliah

Seperti sudah dikatakan tadi, setelah UN akan ada waktu libur yang panjang. Karenanya bisa kamu gunakan untuk banyak-banyak mencari informasi mengenai jurusan-jurusan kuliah apa yang akan kamu ambil nanti. Atau kalau kamu sudah mantap dengan satu jurusan, baiknya kamu gali informasi lebih dalam lagi.

Mencari kampus

Setelah mencari jurusan perkuliahan, selanjutnya mencari kampus yang tepat untuk menopang jurusan yang akan kamu ambil. Karena, biasanya, setiap kampus memiliki keunggulan tersendiri.

Jadi volunteer

Selanjujnya ada hal yang bisa banget kamu lakukan nih selama libur UN. Daripada kamu hanya makan dan tidur terus badan kamu jadi melar, mending kamu ikut kegiatan volunteer. Lumayakan kan nambah-nambah teman, dan siapa tahu di sana akan ada yang jadi senior kamu di kampus nanti.

Freelance

Kalau ini juga boleh banget. Jadi freelancer adalah salah satu hal yang berguna untuk kamu lakukan. Selain bisa menambah uang saku, jadi freelance juga bisa menambah pengalaman kamu.

Magang

Misalnya kamu sudah mantap untuk satu bidang jurusan di perkuliahan nanti. Mungkin ada baiknya kamu coba magang sesuai dengan jurusan kamu itu tadi. Positifnya, kamu jadi lebih tahu duluan gambaran jurusan kamu di saat masuk perkuliahan nanti.

Jadi, daripada leha-leha di rumah dan badan jadi bengkak, mending kita bikin kegiatan yang positif.