Pada akhirnya setiap orang akan menjalani saat-saat paling menentukan dalam hidupnya, termasuk para siswa dan siswi di sekolah baik itu Sekolah Menengah Pertama maupun Atas/Kejuruan. Mereka, enggak lama lagi akan menjalani Ujian Nasional.

Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, ujian ini akan dilakukan dengan dua jenis: Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Tahun ini juga ujiannya menggunakan komputer atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kenapa harus pakai komputer? Pertama, itu akan membuat kamu lebih praktis mengerjakan ujiannya. Enggak perlu lagi corat-coret, hapus sana hapus sini, kertas lecek atau sobek, terus jadi panik takut enggak terbaca sistem komputer. Wah, banyak kan?

Kedua, kalau kata Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, UNBK tujuannya untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, integritas, dan kehematan pelaksanaan ujian nasional.

Sesuai aturan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ujian tahun ini juga ternyata tidak ada Ujian Nasional Perbaikan (UNP). Eits, jangan panik dulu, “Ujian nasional untuk perbaikan tetap ada, hanya saja waktunya tidak khusus seperti UN Perbaikan pada tahun lalu,” ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Nizam seperti dikutip dari situs resmi Kemdikbud.

Pak Nizam juga bilang, “Jadi ujian susulan diselenggarakan sekaligus untuk anak-anak yang mau memperbaiki nilai UN. Ujian susulan tahun ini bisa jadi ujian nasional perbaikan untuk lulusan tahun lalu, sedangkan lulusan tahun ini bisa melakukan perbaikan pada ujian susulan tahun depan.”

Nah untuk kamu yang belum tahu apa bedanya UN dan USBN bisa tonton video di bawah ini ya, lengkap dengan jadwalnya juga loh…

Sukses ya ujiannya!

sumber: Kemdikbud