Listrik menjadi kebutuhan sehari-hari yang dapat menunjang aktivitas kita di rumah, sekolah, kantor, ataupun tempat umum. Sayangnya, kita sering tidak menyadari bahwa pemakaian listrik yang berlebihan menyebabkan keborosan. Alhasil, tagihan listrik jadi membengkak, deh.

Tak perlu khawatir, ada 7 cara ampuh dan sederhana supaya kita tidak boros listrik lagi. Hitung-hitung, kita bisa membantu menyelamatkan bumi! Berikut caranya.

Cabut kabel dari stop kontak

Kabel alat elektronik yang terhubung dengan stop kontak masih menghasilkan listrik sehingga jangan heran bila tagihan membengkak nantinya. Nah, untuk menghemat pemakaian listrik, kita bisa mencabut kabel charger ponsel jika daya baterai sudah terisi penuh atau mencabut kabel laptop jika sudah tidak terpakai. Hal ini juga berlaku sehabis kita mendengarkan radio, menonton TV, atau menggunakan alat elektronik lain yang tidak terpakai.

Gunakan lampu hemat energi

Tahukah kamu, lampu mengonsumsi energi yang besar karena jumlahnya ada banyak? Untuk mengakalinya, gunakanlah lampu hemat energi, seperti lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) dan LED (Light Emitting Diode).

Matikan lampu

Setelah menggunakan lampu hemat energi, kita juga bisa semakin menghemat listrik dengan mematikan lampu saat sedang tidak terpakai, sebelum bepergian, atau saat tidur. Mematikan lampu ini dijadikan sebagai kegiatan global oleh WWF sejak tahun 2008, yang kita kenal sebagai Earth Hour. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran atas perubahan iklim yang sedang terjadi. Simpel kok, kita hanya perlu mematikan lampu selama satu jam secara bersama-sama.

Tanam tumbuh-tumbuhan

Kita bisa mengatur sirkulasi udara di rumah dengan baik dengan bantuan tumbuh-tumbuhan. Tanaman yang kita tanam di sekitar rumah mampu menekan suhu udara sehingga membuat sirkulasi lebih baik. Makanya, kita tidak perlu menyalakan pendingin ruangan.

Atur suhu pendingin ruangan

Kalaupun perlu menyalakan pendingin ruangan, jangan lupa untuk diatur suhunya. Suhu yang lebih dingin membutuhkan energi yang lebih banyak. Oh ya, ketika kita merasa suhu di ruangan kita sudah cukup dingin, kita bisa mematikan pendingin ruangan.

Gunakan pencahayaan alami

Saat pagi hari, bukalah tirai di rumah kita. Kita tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari karena ruangan akan terlihat terang lantaran cahaya matahari yang masuk. Tidak hanya bisa membantu menghemat listrik, pencahayaan alami juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan memberi pengaruh positif untuk kita, lho.