Familiarkah kalian dengan istilah tekstil? Banyak yang langsung mengartikan bahwa produk tekstil tak lain dan tak bukan hanyalah berupa kain. Tidak salah tapi sebetulnya cakupan tekstil lebih luas lagi, dan ternyata bidang keilmuan tekstil pun juga ada dan biasanya disebut sebagai kriya tekstil.

Kriya Tekstil adalah adalah kerajinan atau karya seni berbahan dasar tekstil yang di antaranya berupa kain, benang, serat, dan lain sebagainya. Nah yang kemudian harus kalian tau bahwa kriya tekstil ini mempunyai jenjang akademisinya loh, bukan  hanya pelatihan keterampilan saja melainkan sampai jenjang S-1 juga.

Menariknya, silabus perkuliahannya juga tidak melulu menyoal perkainan, melainkan sampai manajemen produksi, marketing, sampai pada unsur interior , fesyen, hingga kimia. Walaupun baru beberapa kampus di Indonesia yang mempunyai jurusan yang berakitan dengan seni serat ini.

Lalu, di mana saya bisa kuliah Kriya Tekstil?

Institut Kesenian JakartaS-1 Pemintan Kriya Tekstil

Kamu akan mempelajari bagaiaman pengelolaan tekstil secara benar dan kamu akan mempelajari dengan memakai ragam bahan maupun teknik sebut saja shibori, jumputan, batik dll. Di IKJ kamu akan masuk ke dalam pemintanan Kriya Tekstil di bawah program studi kriya, dan setelah lulus kamu akan diharapkan bukan hanya menjadi pengrajin, atau seniman, atau juga desainer, melainkan dapat menjadi pengelola industri tekstil itu sendiri.

Institut Seni IndonesiaD3 Batik dan Fashion

ISI Jogjakarata belum lama ini mengeluarkan program studi D3 ini di bawah jurusan kriya-nya. Program studi ini akan melibatkan mu untuk mempelajari seni batik secara terkonsentrasi dari teknik keterampilan membatik hingga proses kimaiwi batik, maupun fesyen agar menjadi keterampilan utamanya. Ini merupakan  kesempatan bagi kamu yang ingin mendalami seni batik secara formal di Kota Yogjakarta yang terkenal akan sebutan Kota Batik.

Telkom UniversityS-1 Kriya Tekstil & Mode Busana

Di kampus ini kamu akan mempelajari kriya tekstil & mode busana sekaligus di bawah naungan Fakultas Industri Kreatif. Di Telkom University kompetensi program studi ini berbasis Information and Communication Technology (ICT) sehingga kamu akan mempelajari ini dengan konsep digital maka di kampus ini kamu diharapkan menjadi creativepreneur.

Institut Teknologi BandungS-1 Kriya

Di ITB kamu akan mempelajarinya di studio: kriya tekstil, yang naungannya berada di bawah program studi Kriya. Di kampus ini Kriya Tekstil difokuskan pada ilmu dan keterampilan dalam membuat konsep, bentuk, dan gaya (fesyen) yang bermuara pada industri kreatif. Di ITB sendiri mahasiswa akan lebih diarahkan kerja sama dengan disiplin ilmu lain seperti kimia, arsitektur, interior, dan manajemen.

Banyak yang menyepelekan industri kriya tekstil ini, akan tetapi jika kamu bisa mengolahnya dengan minat yang kuat,  kamu tidak hanya bisa menjadi orang yang sukses melainkan dapat menjadi praktisi yang melestarikan kebudayaan Indonessia yang mulai terkikis ini, lho.