Bulan suci Ramadhan merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang selain karena menjadi momen belajar mengendalikan diri, juga penuh hal-hal spesial yang bikin kangen.

Berikut beberapa hal yang paling ditunggu-tunggu alias “ngangenin”, terutama di bulan puasa:

Program TV Sahur

Puasa merupakan hal yang tak terpisahkan dari kata sahur, yang merupakan momen “menabung” makanan
pada dini hari sebagai persiapan berpuasa hingga matahari terbenam. Bangun untuk sahur saja sudah terbilang sulit, apalagi terjaga untuk bangun dan mengisi perut di jam-jam sersebut. Hal ini terkadang menjadi perkara yang sulit bagi banyak orang (kecuali yang sudah biasa begadang mengejar deadline tugas hehehe), sehingga banyak stasiun televisi menyajikan program-program spesial sahur mulai dari serial tv sahur bernuansa Ramadhan, siraman rohani bersama para ustadz yang jenaka, hingga siaran langsung komedi yang bertaburan komedian ternama, lengkap dengan tarian serta lagu khas program tersebut, tak lupa dengan telekuis beserta kata sandi dan pertanyaan-pertanyaan lucunya. Apakah kamu salah satu orang yang ikut kuis di program-program TV tersebut supaya segar mengisi perut saat sahur?

Ngabuburit

Beberapa jam menjelang buka puasa (atau bagi sebagian orang mungkin beberapa jam setelah mulai berpuasa) alias waktu “ngabuburit” adalah masa-masa mengisi waktu luang sembari menunggu berbuka puasa, yang biasanya digunakan sebagian orang untuk sekedar kumpul bersama teman atau keliling-keliling mencari jajanan untuk berbuka puasa, sambil berharap waktu berputar lebih cepat secara tiba-tiba.

Takjil

Kolak pisang, es buah, dan teman-temannya yang tergabung sebagai golongan takjil adalah bintang tamu yang paling ditunggu-tunggu sebagian besar orang di bulan puasa, mengingat sulitnya mencari penjual takjil di luar bulan puasa. Baik di pusat perbelanjaan, pasar, pinggir jalan, sampai depan pagar rumah-rumah warga, seketika berubah menjadi tempat jualan takjil di bulan puasa. Takjil ini bahkan tidak hanya ditunggu-tunggu oleh yang menjalankan puasa saja lho..Banyak orang yang tidak menunaikan puasa pun ikut berburu takjil karena rasanya yang enak, segar, dan ngangenin.

Buka Puasa Bersama (Bukber)

Di bulan puasa ini, banyak orang yang tiba-tiba mulai menggunakan buku agenda mereka atau jadi ramai notifikasi grup di sosial medianya. Kenapa? Inilah penyebabnya. Ajakan buka puasa bersama yang menerjang dan harus benar-benar disesuaikan jadwal “bukber” satu dengan yang lainnya. Mulai dari buka puasa teman SD, SMP, SMA, kuliah, kantor, kepanitiaan A, organisasi B, tetangga, sahabat, kerabat jauh, sampai kerabat dekat. Momen berkumpul dengan orang-orang yang terkadang sangat sulit ditemui karena kesibukan masing-masing di luar bulan puasa inilah yang menjadi momen yang ditunggu banyak orang untuk mengetahui kabar terkini kerabat jauh kita atau untuk sekedar bertemu dan melihat wujud terkini sang mantan gebetan, hihihi.

Turun berat badan

Bonus yang indah dari ibadah puasa yang dinantikan terutama oleh para wanita adalah turun berat badan. Kebanyakan orang setuju bahwa bulan puasa merupakan momen mengurangi berat badan karena terbatasnya waktu makan dan kapasitas pengisian perut di waktu yang diperbolehkan untuk makan minum tersebut. Namun, sepertinya turunnya berat badan tidak akan tercapai kalau yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur malah lebih banyak dibanding jatah makan sehari tiga kali, ditambah takjil dan kue-kue lebaran yang menggoda.

Azan

Poin yang satu ini jangan sampai dilupakan. Setelah menahan hawa nafsu, lapar, dahaga, siapa sih yang tidak menantikan hal yang satu ini, setelah berusaha sabar melihat iklan sirup yang mengiringi datangnya azan?

Sehabis membahas hal-hal yang bikin kangen di bulan puasa ini, rasanya jadi makin tidak sabar ya menanti bulan puasa. Jangan lupa, jangan hanya menanti hal-hal di atas saja ya generasi muda! Di bulan puasa ini ada baiknya kita meningkatkan intensitas berbagi kita, terutama bagi yang membutuhkan dan tentunya menjaga tali silaturahmi kita dengan orang-orang di sekitar kita.