Pasti kita sudah sering mendengar fakta dari WHO yang mengatakan bahwa penyakit jantung ialah pembunuh nomor satu di dunia dan tiap menit setidaknya ada satu jiwa yang terrengut karena penyakit jantung. Menyeramkan ya?

Tingginya angka kematian akibat penyakit jantung tak lain diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan dan kesadaran untuk meninggalkan kebiasaan sehari-hari yang buruk bagi kesehatan.

Apa sajakah kebiasaan yang ternyata menjadi pemicu penyakit jantung? Berikut di antaranya:

Kurang olahraga

Bukan rahasia umum bahwa olahraga merupakan kunci kesehatan dan kebugaran seseorang, karena olahraga memegang peran pengatur metabolisme dan keseimbangan kerja tubuh. Kurang olahraga bisa memperberat kerja organ tubuh, yang dampaknya ialah timbulnya penyakit-penyakit tertentu.

Namun, olahraga pun harus tetap dilakukan sesuai kemampuan tubuh seseorang. Bukannya manja, namun kita tetap harus mengetahui kemampuan diri kita sendiri dan tidak memaksakan olahraga secara berlebihan.

Memaksakan diri melampaui kemampuan ternyata bisa juga menjadi pemicu penyakit jantung karena memaksa jantung bekerja lebih dari kemampuannya. Baiknya, olahraga dilakukan pada batas normal saja namun jadikanlah olahraga sebagai rutinitas.

Rajin ronda alias sering begadang

kredit: vancouverfamilymagazine.com

Begadang kadang dianggap menjadi hal yang biasa bagi banyak orang karena beragam alasan mulai dari alasan lumayan penting seperti kurangnya waktu belajar maupun membuat tugas sampai alasan lagi galau. Padahal begadang ini sangat jahat, lho, untuk tubuh kita karena saat begadang akan menghambat kerja organ-organ tubuh yang sebenarnya akan maksimal apabila tubuh dalam keadaan tertidur.

Pemaksaan tubuh untuk kerja di luar waktunya inilah yang mau tidak mau membuat jantung bekerja ekstra dan dampak akhirnya adalah timbulnya penyakit jantung. Yuk mulai dari sekarang sayangi tubuh kita dengan membiarkannya kerja sesuai jamnya saja

Karena nyatanya, membiasakan diri bangun pagi sangatlah bermanfaat untuk tubuhmu lho! Bye bye begadang!

Galau, gundah, stress

Ini dia yang juga menjadi pemicu begadang sekaligus penyakit jantung. Galau, gundah, stress, dan gangguan pikiran lainnya ternyata memegang peran besar dalam pemicu penyakit jantung. Bahayanya, banyak orang yang sekarang justru memelihata kegalauan dan stress.

Apabila perasaan-perasaan negatif tersebut mulai menghampirimu, coba selesaikan pemicunya secepat mungkin, dan kalahkan perasaan galaumu dengan mengalihkan diri ke kegiatan positif seperti olahraga atau menekuni hobimu.

Menceritakan masalahmu ke orang lain juga penting dan membantu lho, karena nyatanya memendam perasaan sendiri terbukti meningkatkan resiko penyakit, tak terkecuali penyakit jantung.

Ayo belajar kendalikan dirimu dan lawan perasaan negatif yang menghampirimu! Senyum dan bahagialah demi dirimu!

Bersahabat dengan cemilan, gula, dan teman-temannya

kredit: pixabay.com

Gadget di tangan, internet cepat, sofa nyaman, makanan tersedia dalam jangkauan tangan. Hal inilah yang biasa menjadi keseharian remaja kekinian. Godaan untuk menjelajahi internet terkadang membuat lupa diri lupa gerak, yang biasanya satu paket dengan cemilan. Kebiasaan ngemil yang salah ternyata menyumbang peran besar pemicu penyakit jantung lho.

Makanan yang mengandung lemak berlebih, gula, dan berpengawet lah yang ternyata menjadi pemicu penyakit jantung. Kalau kamu masih terus menkonsumsi makanan dengan kriteria tersebut, kamu masih menjadi sasaran empuk penyakit jantung. Kalau kamu memang tipe yang doyan ngemil, coba ganti cemilanmu dengan buah, sayur, atau langsung saja santap makanan berat! Semua demi lepas dari target serangan penyakit jantung kok teman-teman.

Merokok

Merokok merupakan salah satu hal yang memicu banyak penyakit, di antaranya adalah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung di rokok bisa menimbulkan terhambatnya pengikatan oksigen darah, pembekuan dan penghambat aliran darah, plak di arteri, dan bahaya lainnya. Seram ya? Sepertinya bahaya yang ditimbulkan dan terkurasnya kocek akibat rokok tidak seimbang ya dengan kepuasan yang diperoleh dari merokok? Tidak ada kata terlambat kok untuk berhenti merokok.

Hayo, di antara kebiasaan-kebiasaan di atas, mana yang masih menjadi kebiasaanmu? Yuk cicil tinggalkan kebiasaan tersebut agar kamu tidak menjadi sasaran empuk serangan penyakit jantung!

Baca juga fakta-fakta tentang penyakit jantung di sini.

sumber: heart.org