Sebagai orang Indonesia, kita memang selalu punya banyak alasan untuk berbangga dan bersyukur akan tanah air kita. Selain diberkahi dengan sumber daya alam yang berlimpah, deretan pulau yang sangat indah, Indonesia juga patut berbangga akan kekayaan cita rasa kulinernya.

Terbukti, di tengah maraknya inovasi di bidang kuliner yang serba “kekinian”, resep tradisional khas Indonesia masih tidak bisa membuat banyak orang “move on” alias tetap menjadi favorit. Lebih mengejutkan, beberapa makanan khas Indonesia seperti rendang, ternyata tidak hanya menjadi favorit warga Indonesia saja lho!

Beberapa tahun belakangan, sejumlah kuliner khas Indonesia masuk kedalam “50 Makanan Terenak di Dunia” versi CNN dan bahkan rendang menduduki posisi pertama selama dua tahun belakangan! Selain rendang ada pula nasi goreng di peringkat kedua serta sate di peringkat 14 untuk tahun 2017.

Sebagian besar orang, terutama yang telah mencicipi kenikmatan rendang, menyatakan makanan ini memang pantas mendapatkan predikat makanan terenak di dunia.

Dari segi proses pembuatan, rendang melalui rangkaian proses yang rumit, waktu yang cukup lama jika ingin mendapatkan kelembutan daging yang pas, serta beragam bumbu yang berbeda dibanding kebanyakan makanan lainnya. Proses yang rumit tersebut ternyata memang setimpal dengan cita rasa yang diperoleh, di mana perpaduan berbagai rempah, santan, serta bumbu lainnya membuat rasa yang tak tergantikan. Pantas saja tak hanya orang Indonesia yang selalu terbayang-bayang oleh kelezatannya.

Nikmatnya rendang dan nasi goreng, nyatanya mengundang perdebatan. Hal ini dikarenakan ada beberapa kandidat lain yang dijagokan untuk menduduki puncak daftar tersebut yang bahkan tidak masuk ke 10 besar.

Proses penyusunan daftar yang diperoleh dengan membuka penghitungan suara lewat Facebook ini dinilai kurang adil, karena proporsi pemilih suara yang tidak seimbang: Dominasi Indonesia terlalu besar sebagai pengguna Facebook di dunia.

“Kalau rendang sih oke, tapi nasi goreng? Aku percaya beberapa makanan lebih layak menduduki peringkat kedua daftar ini,” begitu testimoni kekecewaan seorang warganet terkait daftar tersebut.

Namun, terlepas dari perdebatan akan validitas daftar tersebut, bayang-bayang rasa rendang yang lezatnya tak tergantikan itu sepertinya memang layak mendapat predikat tersebut dan kita patut bangga karenanya. Bagaimana menurutmu?

sumber: CNN International