Manusia, yang merupakan mahluk sosial, memang tak akan pernah dipisahkan keberadaannya dengan manusia lainnya. Dalam setiap aspek kehidupannya, manusia akan selalu membutuhkan satu sama lain dan menerapkan prinsip kerja sama untuk mencapai kesuksesan.

Banyak yang menganggap kerja sama merupakan perkara kecil dalam mencapai kesuksesan, tanpa menyadari betapa pentingnya hal tersebut.

Kari Granger, seorang pakar pelatihan kepemimpinan yang juga pendiri Kari Granger LLC selalu menekankan betapa pentingnya kerja sama tim dalam mencapai kesuksesan di tiap sesi pelatihan kepemimpinan yang ia berikan dan membagi kunci sukses membentuk tim yang mampu mencapai kesuksesan bersama.

Berikut merupakan hal-hal yang menjadi dasar terbentuknya tim yang sukses:

Hal apa yang menggerakan tim tersebut?

Seseorang bekerja untuk menghidupi dirinya. Seorang anak belajar untuk membanggakan orangtuanya. Dalam setiap hal yang dilakukan, seseorang memiliki dorongan dasar yang pada akhirnya menggerakan mereka untuk melakukan sesuatu. Suatu pegangan yang akan selalu mengingatkan mereka untuk bergerak mencapai tujuannya.

Mengetahui motivasi dari anggota tim untuk melakukan sesuatu dan apa yang sangat berarti bagi mereka adalah hal dasar yang hampir selalu sukses untuk menggerakan semangat anggota tim dalam mencapai tujuan bersama. Hal ini sangatlah penting sebelum sebuah tim menyusun tujuan apakah yang ingin dicapai bersama.

Tetapkan tujuan bersama.

Setelah mengetahui apa yang menjadi penggerak anggota tim, hal penting selanjutnya ialah menetapkan mimpi dan tujuan apa yang ingin dicapai bersama sebagai sebuah tim untuk menghindari terpecahbelahnya arah berjalannya suatu tim.

Semua anggota merupakan pahlawan

Meskipun telah memiliki tujuan darn arah yang jelas, tak jarang sebuah tim mengalami keretakan dalam perjalanannya karena ketimpangan peran antar anggota tim dalam mencapai tujuan bersama.

Untuk menghindari kerusakan internal tim seperti ini, sangatlah penting dalam sebuah tim untuk menekankan betapa pentingnya peran tiap anggota tim, tanpa membuat satu anggota menjadi lebih penting dibanding yang lainnya, begitupun sebaliknya.

Jatuh bersama, bangkit beramai-ramai.

Kembali pada prinsip tim yang tak akan bisa berjalan jika tak bersama, penting sekali untuk menanamkan pada seitap anggota tim bahwa apapun yang mereka lakukan bukanlah untuk kepentingan individu semata, melainkan menjadi hal yang akan dipikul bersama.

Setiap anggota tim harus diajak belajar bertanggungjawab akan tiap langkah yang mereka pilih, karena sejatinya pilihan mereka akan membentuk wajah dari tim tersebut. Hal ini diharapkan akan mampu memicu satu sama lain untuk saling mendukung dalam mencapai kesuksesan tim.

Kalau menurutmu sendiri, hal-hal apa sajakah yang mendorong tim untuk menjadi kesatuan yang baik?

sumber: entrepreneur.com