Kamu boleh saja tidak setuju: Amat mengerikan membayangkan, menjalani pekerjaan dengan setengah hati karena sebelumnya kamu pun tidak memilih pendidikan yang sesuai dengan minatmu. Bayangkan, 20 tahun dari sekarang kamu melihat dirimu sendiri. Apakah kamu melihat dirimu yang bahagia atau menyesali keputusan yang kamu pilih hari ini?

Memang, ada banyak faktor yang membuat kita harus menjalani rutinitas tidak dengan sepenuh hati, entah karena tidak sesuai atau karena memang pekerjaan itu betul-betul menyebalkan.

Tetapi, percayalah, masih ada banyak waktu untuk megubah itu semua, untuk membuat hal mengerikan tadi tidak benar-benar hadir menjadi kenyataan. Caranya, tepat memilih jurusan pendidikan, yang memang benar-benar sesuai dengan minat kamu.

Tertarik mengurus A sampai Z persiapan acara?

IYC 2012

Belum bisa move on dari status “anak acara” di segudang kepanitiaan yang kamu jalani? Mungkin memilih studi “Perencanaan Pertemuan dan Acara” atau “Meeting and Event Planning” dapat menjadi pilihan yang tepat untukmu.

University of Massachusettes-Amherst misalnya, menyediakan program sarjana yang berfokus pada preparasi sebuah acara mencangkup perencanaan lokasi dan pemilihan vendor, perumusan anggaran acara yang sesuai kemampuan dengan tidak mengorbankan konsep yang dimiliki, strategi promosi acara, rinci teknis pembuatan acara, dan semua hal yang dibutuhkan untuk mewujudkan sebuah acara dan mensukseskannya.

Tidak siap untuk belajar di negri orang? Di Indonesia pun program sarjana yang serupa juga sudah dapat diperoleh, contohnya Program Sarjana Event Management di Prasetiya Mulya.

Tidak ada salahnya kan menjadikan pengalamanmu sebagai “anak acara” awal dari karier masa depanmu?

“Aku gak tertarik belajar deh kayaknya, aku cuma tertarik sama makanan.”

Kredit: pixabay.com

Salah? Tidak ada yang bilang kecintaanmu pada makanan itu salah kok. Tapi jangan menjadikan itu alasan untuk tidak mau belajar ya. Itu karena mungkin kamu hanya belum menemukan hal yang tepat untuk dipelajari.

Kecintaanmu pada makanan bisa diarahkan ke pendidikan yang berhubungan dengan kuliner di antaranya: Bakery Science and Management di Kansas State University, Amerika. Atau, Studi akomodasi dan katering, manajemen patiseri ataupun manajemen tata boga yang tersedia di STP Bandung.

Mau terjun langsung ke pembuatan makanan? Kamu bisa pilih salah satu program dari sekolah kuliner ternama seperti International Culinary School di Swiss atau Masion Bleu Culinary School Jakarta yang tentunya sangat beragam seperti Advanced Professional Diploma in Swiss Pastry & Chocolate Arts. Sepertinya menggiurkan ya?

“Minatku tuh kayaknya di dunia entertainment deh.”

Kredit: pixabay.com

Nah yang merasa kalimat di atas cocok dengan kalian, ada baiknya kalian memfokuskan lagi di bidang apakah yang kalian paling minati karena minat spesifik yang berbeda membutuhkan pendidikan yang berbeda pula.

Bagi kalian yang memang tertarik untuk tampil, misalnya, akan lebih baik memilih program seperti performing art yang dibuka oleh Lasalle College, di mana murid-muridnya dibekali pengasahan kemampuan pertunjukan baik secara praktik maupun teori. Lulusan dari program ini dipersiapkan untuk berkecimpung di dunia hiburan dengan pilihan karier beragam mulai dari aktor, penyanyi, arts administrator, presenter ataupun host, serta pilihan karier terkait lainnya.

Namun, bagi kalian yang lebih tertarik bergerak dibalik layar, entertainment engineering dapat menjadi pilihan pendidikan lanjutan yang tepat. Program ini berfokus pada produksi teater, artistik maupun teknis pertunjukan maupun penelitian dan pengembangan teknologi terkait pertunjukkan yang nantinya akan terarah berkecimpung sebagai insinyur di bidang industri hiburan seperti teater, kabaret, sirkus, dan lainnya.

Ada pula program yang lebih spesifik seperti audio engineering yang bisa mewadahi minat khususmu terhadap teknologi berbasis audio yang bergerak di bidang pengembangan serta teknis audio.

Berminat di dunia tata rias?

Kredit: pixabay.com

Pilihan lainnya bagi kalian yang tidak mau kalah dengan para beauty vlogger dan punya ketertarikan khusus di bidang kecantikan ialah program artistic makeup, di mana kalian akan menekuni bidang tata rias tak hanya secara praktik rias, namun mempelajari beragam teori terkait teknik merias untuk beragam kebutuhan seperti kebutuhan editorial majalah, teatrikal, layar kaca, yang tentunya berbeda-beda. Dengan mendapatkan pendidikan terkhusus di bidang ini tentunya bisa menepis anggapan karier di bidang tata rias yang kurang menjanjikan bukan?

“Gue mau nerusin bisnis orangtua aja deh.”

Kredit: pixabay.com

Kalimat seperti ini ternyata sering terucap oleh teman-teman.

Tapi, jangan sampai anggapan seperti ini membuat kita menomorduakan pendidikan karena merasa sudah memiliki “tujuan” yang pasti. Meneruskan bisnis keluarga, di bidang apapun itu selain membutuhkan pengalaman dan bimbingan dari keluarga juga membutuhkan ilmu dan strategi tertentu agar keberlangsungannya tidak runtuh begitu saja di tangan kepemimpinan kita.

Ternyata untuk menjadi penerus bisnis keluarga yang baik telah tersedia program studi “Family Enterprise” atau ilmu bisnis keluarga yang mempelajari sistem bisnis yang melibatkan keluarga, strategi melibatkan keluarga dan penempatannya dalam bisnis, strategic advantage serta teknik berkonsultasi dalam perusahaan keluarga.

Salah satu universitas yang menyediakan program ini ialah Stetson University di Florida, Amerika. Dengan memilih program pendidikan ini, kamu bisa mengurangi pandangan negatif sebagian kalangan tentang bisnis keluarga.


Nah, itulah sebagian pilihan pendidikan lanjutan yang bisa dibilang tidak umum namun bisa menjadi langkah awal kalian ke pekerjaan impian kalian. Tentunya masih banyak pilihan pendidikan lanjutan lainnya yang bisa kalian pilih tanpa harus mengorbankan minat kalian, tanpa harus menjadi orang lain!

Coba kembali bayangkan, 20 tahun dari sekarang, kalian bersyukur karena telah memilih jalan yang sesuai dengan diri kalian karena telah membaca artikel ini.