Memperingati Hari Batik Nasional tak sedikit dari kita sudah berencana menjadikan batik “dresscode” untuk hari ini sebagai wujud kebanggan kita terhadap batik yang dikenal sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia.

Banyak sekali ragam batik khas Indonesia yang sangat mendunia, seperti batik mega mendung, sekar jagad, pekalongan, parang, dan masih banyak lagi yang tak hanya menjadi primadona di negri sendiri, namun juga di mata dunia. Namun, selain motif asli Indonesia, tak banyak yang tahu bahwa ternyata ada negara-negara lain yang juga sudah memiliki motif batiknya sendiri.

Negara mana saja ya yang ternyata punya batik yang cukup mendunia? Yuk cek di bawah ini!

Batik Malaysia

Terlepas dari beberapa cerita yang lalu terkait batik dan negara tetangga kita ini, batik Malaysia merupakan salah satu batik yang cukup dikenal oleh pecinta busana global. Meskipun banyak yang menyebut bahwa batik Malaysia memiliki sangat banyak kesamaan dengan Indonesia, ada beberapa perbedaan prinsip yang dianut batik dari kedua negara ini.

Dari segi konten motif, karena kepercayaan sebagian besar warganya, batik Malaysia lebih mengarah pada motif flora dan minim motif manusia atau hewan di dalamnya. Hal ini berbeda dengan batik negara lain, tak terkecuali batik Indonesia yang kerap dihiasi oleh motif manusia maupun hewan, Dari segi ukuran motif dan metode pembuatan pun batik Malaysia cenderung berbeda dari batik Indonesia, dimana motif batik Malaysia cenderung lebih besar dan dilukis menggunakan kuas, bukan dengan canting layaknya batik Indonesia.

Batik Sri Lanka

Mencuatnya industri batik di Sri Lanka ternyata diinisiasi oleh pengerajin yang sebagian besar adalah perantau yang diboyong langsung dari Indonesia dizaman penjajahan Belanda. Meskipun batik Sri Lanka banyak memiliki kemiripan dengan batik Indonesia, akulturasi telah membuat batik ini mulai memiliki ciri khasnya sendiri yang diadaptasi dari cerminkan suasana dan potret alam Sri Lanka. Tak heran jika sekarang ini batik Sri Lanka menjadi salah satu buah tangan favorit wisatawan yang berkunjung kesana.

Batik India

Negara yang satu ini tergolong pemain lama dalam industri mode, tak terkecuali kain dengan lukisan dan berwarna. Bahkan sebelum batik dikenal masyarakat dunia, warga lokal India telah mengenal metode pewarnaan kain sejak 2000 tahun silam, dengan penggunaan lilin penutup kain untuk metode pewarnaan parisal.

Meski mulanya batik tulis India mayoritas dibuat oleh para wanita dengan disabilitas di Delhi sebagai salah satu sumber mata pencaharian mereka, sekarang sebagain besar batik India merupakan produksi industri skala besar yang produksinya sudah serba modern menggunakan metode cetak otomatis.

Dari segi motif dan pola, batik India lebih mengarah pada simbol keagamaan maupun kedewaan, dengan motif yang cenderung sederhana jika dibandingkan dengan batik Indonesia.

Batik China

Batik China, merepresentasikan budaya dan kedekatan negara tersebut dengan tradisi, didominasi oleh simbol-simbol yang berkaitan dengan kepercayaan mereka. Simbol seperti naga, burung phoenix, dan bunga merupakan simbol yang paling banyak menghiasi batik China yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu ini.

Ditinjau dari segi pembuatan, batik China menggunakan proses yang hampir mirip dengan pembuatan batik Indonesia pada umumnya. Hal ini dapat dijelaskan oleh fakta bahwa memang banyak akulturasi budaya orang China yang bermigrasi ke Indonesia. Akulturasi budaya kedua negara ini memberikan banyak pengaruh pada batik khas masing-masing negara, yang menghasilkan ragam motif unik tanpa menghilangkan ciri khasnya.

Batik Jepang

Batik Hokokai, batik khas Jepang yang didominasi oleh motif bunga sakura, lahir karena adanya akulturasi budaya Jepang dan budaya lokal Indonesia yang bermula dari era penjajahan Jepang di Indonesia. Meskipun demikian, ternyata batik memiliki daya tarik tersendiri bagi warga Jepang di Indonesia saat itu karena sebenarnya pada tahun 710-794 sudah ada kain dengan motif dan pola serupa yang ada di Jepang. Dari sanalah mulai diproduksi batik dengan sentuhan budaya Jepang yang bercampur dengan khasnya batik Indonesia.

Batik Hokokai sendiri yang merupakan salah satu yang paling melegenda ternyata sekarang sangat langka, jarang diproduksi, dan tergolong sebagai barang mewah.

Batik Indonesia

Sebagai warga Indonesia, kita patut berbangga karena hampir tiap pulau di negara kita memiliki beragam motif batik yang indahnya diakui UNESCO sebagai “Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan Nonbendawi.” Dengan beragam jenis batik yang dimilki, batik Indonesia menjadi salah satu inspirasi paling berpengaruh bagi batik-batik maupun kain bermotif negara lain. Tak hanya indah dari segi pembuatan dan hasil jadinya, batik Indonesia juga memiliki makna yang mendalam di tiap motif yang terlukis, menjadikan batik Indonesia kekayaan budaya yang kecantikannya tak perllu diragukan lagi.

Itulah beberapa negara yang ternyata memiliki batik khasnya dengan keindahannya masing-masing. Banyak kan pilihannya? Yuk pakai batikmu hari ini dan jadikan batik gaya favoritmu!

Sumber: satujam.com, boombastis.com