Anak muda memang selalu identik dengan segudang mimpi maupun cita-cita yang katanya setinggi langit. Sebagian memutuskan untuk menjadikan mimpinya sebatas angan-angan di siang bolong namun tak sedikit pula yang mati-matian berjuang mewujudkan cita-citanya.

Sebagai generasi muda, pilihan kedualah yang sepatutnya kita tempuh. Namun, bagaimanakah kita menyikapi cita-cita setinggi langit tersebut? Berikut hal-hal yang patut kamu terapkan dalam mewujudkan mimpi dan cita-citamu:

Tuliskan Mimpimu

Ketahuilah tujuanmu sebelum menentukan jalan mana yang kamu pilih. Penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya kamu mau dan apakah kamu benar-benar yakin dengan apa yang kamu ingin tuju sebelum mematangkan rencana serta langkah-langkah yang akan kamu ambil untuk mencapai mimpi dan cita-citamu.

Saat kamu tahu dan yakin akan mimpi dan cita-citamu, tentunya akan memudahkan kamu untuk menyusun strategi yang dapat mendekatkanmu pada tujuanmu. Jangan lupa persiapkan pula dirimu akan kemungkinan yang bisa datang, sebaik maupun seburuk apapun itu.

Tetapkan target

Setelah mengetahui secara jelas apa yang ingin kamu tuju dan strategi apa yang akan kamu jalankan, tetapkan target untuk tiap-tiap hal yang butuh kamu lakukan. Dengan menetapkan target, selain dapat mengevaluasi strategi-strategi yang telah diterapkan, kamu juga dapat memantau sendiri perkembanganmu sebagai antisipasi dari kemungkinan mogok di tengah jalan.

Hapus kata malu

Poin ketiga ini bukan berarti menyarankan kamu untuk malu-maluin ya. Tetapi, sebatas mengajak kamu untuk mengesampingkan malumu, karena banyak sekali orang gagal karena malu mengutarakan pendapatnya, mimpinya, maupun malu bertanya pada sekitarnya. Percayalah, malu bisa jadi penghalang yang kamu ciptakan sendiri antara kamu dan tujuanmu.

Berani Mengeksplor

Coba bangkit dari zona nyamanmu dan mulai browsing tentang kisah-kisah sukses panutanmu dalam mencapai mimpinya. Hunting kesempatan magang ataupun workshop terbuka yang terkait dengan cita-citamu juga bisa jadi cara menyelami lebih dalam tentang tujuanmu.

Jangan pernah lelah menggali minatmu lebih dalam. Ingat, kesempatan belum tentu datang berkali-kali sementara waktu terus berjalan. Siapa tahu selagi eksplorasimu ini kamu bisa langsung menemukan jalan dan koneksi baru yang membuatmu selangkah lebih dekat ke mimpimu.

Disiplin dan Konsisten

Kebanyakan orang akhirnya harus merelakan kembali apa yang telah ia capai karena kurang disiplin akan dirinya sendiri dan apa yang ia lakukan. Hari ini giat, besok? Tergantung mood!

Hal-hal seperti inilah yang sering menjegal seseorang pada perjalanannya: kurang disiplin pada dirinya sendiri. Gagal sekali galaunya dipelihara berbulan-bulan. Padahal, gagal sekali dua kali dalam perjalanan menuju cita-citamu bukanlah hal yang mengejutkan. Selalu disiplin dan konsistenlah yang pada akhirnya akan membuatmu bangkit dan mengantarkanmu pada tujuanmu.

Positif

Ada kalanya kita merasa tak ada yang bisa menghalangi kita menuju mimpi kita, namun ada pula kalanya kita merasa semua yang kita mimpikan itu sia-sia. Entah karena badan yang lelah atau tidak sengaja mendengar celetukan nyinyir orang lain akan apa yang kamu lakukan, demotivasi merupakan fenomena yang lumrah dialami seseorang.

Kegagalanmu sangat mungkin bermula dari fase-fase seperti ini, namun ada juga kemungkinan bahwa kesuksesanmu bermula dari fase tersebut.

Semuanya tergantung bagaimana kamu mengatur sudut pandangmu, agar melihat segala sesuatunya dari segi positifnya. Masih mengalami kesulitan dalam menimbulkan energi positif dari dalam diri sendiri? Saatnya mulai mendekatkan diri pada orang-orang yang selalu mendukungmu!

Jangan Lupa Berbagi

Menggapai cita-cita memang hal yang menjadi tujuan utama seseorang. Namun, terkadang seseorang menjadi terlalu fokus dalam mencapai cita-cita nya sampai lupa akan pentingnya berbagi. Percayalah, apa yang kamu raih nantinya akan jauh lebih berharga apabila pada perjalanannya kamu dapat sembari menebarkan kebaikan bagi orang lain.

Tetap Bahagia

Belum kunjung meraih cita-citamu setelah segala usaha yang telah kamu tempuh? Mungkin kamu melupakan kunci dari keberhasilan para orang sukses, yaitu tetap bahagia. Dari jiwa yang bahagia, pastinya semua akan terasa lebih mudah bukan?