Bulan puasa telah tiba. Tentunya, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan supaya puasamu dapat berjalan maksimal. Salah satu hal yang perlu disiapkan ialah makanan bergizi yang bisa memberikan energi lebih saat sedang menahan lapar dan haus.

Namun, yang penting diingat, mengonsumsi buah-buahan selain makanan berat juga sama pentingnya, lho. Berikut ini ada 5 jenis buah yang cocok dikonsumsi saat bulan puasa. Apa saja?

1. Blewah

Kalium yang tinggi bisa kamu temukan di buah ini. Kalium bermanfaat untuk mengurangi risiko serangan stroke dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium juga mampu membersihkan karbondioksida dalam darah.

Blewah baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena kandungan airnya tinggi dan dapat mengatasi dehidrasi setelah belasan jam tak minum air.

2. Semangka

Buah ini tak hanya mengandung banyak air, tetapi juga mineral, vitamin, dan antioksidan. Semangka juga mengandung elektrolit sebanyak 92%  yang mempu membantu tubuh memperoleh kembali cairan dan elektrolit yang hilang.

Di sisi lain, semangka membantu mencegah penyakit jantung dan kanker prostat. Semangka juga bisa membantu regenerasi sel pada kulit dan membuat rambut jadi sehat.

3. Kurma

Buah ini menjadi sumber serat yang baik yang bisa memberikan pasokan energy untuk beraktivitas. Kurma juga mengandung antioksidan yang bagus yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah ini, kita juga bisa terhindar dari risiko kanker.

4. Timun suri

Bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan, jangan lupa konsumsi timun suri, sebab daging buahnya kaya akan serat larut yang mempu melancarkan pencernaan. Timun suri juga cocok dikonsumsi untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan karena menimbulkan efek mengenyangkan lebih lama. Timun suri juga bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh, lho!

5. Apel

Saat berpuasa, buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Alasannya, apel mengandung gizi tinggi, terutama vitamin dan mineral. Apel juga mampu menangkal radikal bebas. Disarankan untuk mengonsumsi apel setiap hari, karena juga bisa membuat tubuh tetap ideal dan kulit menjadi halus.