Lembaga pengelola dana abadi yang digunakan untuk beasiswa pendidikan, LPDP, memperpanjang masa pendaftaran untuk beasiswa ke luar negeri hingga 14 Juli mendatang. Informasi tersebut disampaikan melalui akun media sosial resmi LPDP.

“Dengan pertimbangan tingginya minat masyarakat untuk mendaftar Beasiswa Pendidikan Indonesia tujuan luar negeri (BPI-LN) tahun 2017, dengan ini disampaikan bahwa waktu pendaftaran BPI-LN diperpanjang sampai dengan tanggal 14 Juli 2017 pukul 23.59 WIB,” demikian keterangan tersebut.

Secara sederhana LPDP merupakan lembaga yang bekerja di bawah tiga kementerian sekaligus (Keuangan, Pendidikan dan Kebudayaan, dan Agama) dan memiliki tugas untuk mengelola dana abadi dan hasil pengelolaannya digunakan untuk beasiswa pendidikan.

Tujuannya adalah guna mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia dengan pendidikan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia di masa depan.

Sejak ditetapkan pada 2011 sebagai lembaga yang mengelola dana pendidikan, LPDP diniliai cukup baik dalam menjalankan tugasnya. Berdasarkan situs resmi LPDP, dapat dilihat dari hasil survei yang dilakukan kepada awardee, atau penerima beasiswa, pada tahun 2014 menyebutkan sebanyak 52 persen lebih merasa puas, dan 28 persen lebih merasa sangat puas.