Tentang

Menyadari berbagai macam masalah pendidikan di Indonesia yang begitu kompleks yang tidak bisa dipecahkan dan difikirkan oleh satu kelompok tertentu saja. Kita sebagai orang terdidik sudah sepatutnya untuk ikut andil dan turun langsung bareng-bareng, bersama-sama menyelesaikannya.

Kota Malang sebagai kota pendidikan dimana tumbuh berbagai kampus-kampus besar pada kenyataanya masih menyimpan segudang permasalahan dibidang pendidikannya. Universitas Negeri Malang sebagai IKIP tertua di Indonesia dan juga sebagai kampus yang berlatar belakang pendidikan memiliki perananan dan sejarah panjang dalam hal pendidikan di Indonesia.

Latar belakang pendirian UMengajar “ Kurangnya kesadaran dari civitas akademik dan seluruh lapisan ORMAWA kampus untuk segera tanggap menghadapi permasalahan pendidikan yang di hadapi kota Malang saat ini, walaupun terdapat berbagai kampus besar tetapi itu tidak menjamin meratanya pendidikan, sebagai landasan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4 yang berbunyi “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial” dan UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1 tentang “Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Semakin yakin organisasi yang UMengajar dapat berdiri tegak di lingkungan kampus Universitas Negeri Malang, walaupun di dalam perjalananan banyak rintangan-rintangan terjal yang menghadang akan di hadapi bersama-sama. Benar menginjak bulan baru dan bertepatan di tahun baru tanggal 03 januari 2014 mendeklarasikan berdirinya UMengajar. Sejak mulainya berdiri intensif melakukan pertemuan sampai berhari-hari dan berlarut malam hingga berkorban materi untuk membuat agenda yang sudah di susun rapi di mulai dari survey hingga 5 kali, open recruitmen volunteer batch 1, temu volunteer batch 1 hingga melakukan pengabdian selama 3 bulan lamanya.