Menunggu bedug mahgrib menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu. Namun, terkadang, kita malah jadi malas-malasan lantaran merasa tak ada hal menarik yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka.

Eits… kata siapa? Kamu bisa meluangkan waktu kosongmu dengan lebih berharga dibanding cuma tidur-tiduran, main gawai, bukan media sosial, atau bengong aja di kamar.

1. Jalan-jalan sore

Nikmati udara segar di luar rumah dengan jalan-jalan sore. Rasakan gimana ramainya para warga yang berkumpul di depan rumah atau anak-anak yang bermain bersama saat sedang menunggu waktu buka puasa.

Kamu juga bisa bersepeda atau keliling kompleks rumahmu. Hitung-hitung, kamu bisa menyehatkan badanmu di bulan puasa ini.

2. Jajan

Salah satu alasan mengapa banyak orang merindukan bulan puasa adalah karena ada beragam jenis jajanan di pinggir jalan. Mulai dari gorengan, biji salak, es blewah, es cendol, dan masih banyak lagi.

Boleh kok, kamu jajan dulu, tapi begitu beli, jangan langsung dibuka, ya. Tunggu dulu sampai bedug berbunyi. Hehehe.

3. Bikin kegiatan sosial

Yuk, ajak temen-teman kamu untuk bikin kegiatan sosial di bulan Ramadhan ini. Enggak perlu yang susah-susah sampai mengeluarkan uang banyak. Kamu bisa kok, bagi-bagi takjil kepada orang-orang yang membutuhkan atau mempersiapkan acara buka bersama. Pasti akan lebih seru dan membuat Ramadhan kali ini lebih bermakna.

4. Mengaji

Lipat gandakan pahalamu dengan mengaji. Ini adalah ngabuburit paling asyik, karena berkah Ramadhan akan semakin banyak datang ke kamu. Selain belajar mengaji, enggak ada salahnya kamu juga bisa mengajar anak-anak di sekitarmu untuk mengaji. Bisa dibilang, kamu bagi-bagi ilmu gratis!

5. Melakukan hobi

Isi waktu luangmu dengan melakukan hobi, misalnya berolahraga, membaca buku, menggambar, membuat prakarya atau menulis. Dengan menjalankan apa yang kita suka, pasti enggak kerasa waktu bakalan cepat berlalu. Eh, tiba-tiba sudah buka puasa aja. Hehe.

Yuk, jalani ibadah puasa kali ini dengan lebih bermanfaat. Semoga amal ibadah kita bisa menjadi berkah, ya.