Kegiatan IndonesianYouth Conference (IYC), yang mempertemukan ribuan anak muda dari seluruh Indonesia serta menghadirkan puluhan pembicara dari berbagai bidang, pertunjukan musik dan budaya, dan pameran seni dan komunitas dipastikan akan kembali digelar pada tahun ini.

Setelah tahun lalu sempat vakum, digelarnya IYC tahun ini merupakan jawaban atas respons positif dan besarnya antusiasme dari masyarakat terutama Anak Muda Indonesia yang ingin ikut terlibat dalam penyelenggaraan tersebut.

Ketua IndonesianYouth Conference 2017, Stefanus Wibawa mengatakan vakumnya IYC tahun lalu karena Sinergi Muda sedang melakukan tahap pembenahan dan pembangunan internal, yang  ke depannya bisa semakin membuat dampak positif untuk anak muda serta Indonesia.

“Kita memang sempat vakum tahun lalu untuk pembenahan dan pembangunan internal Sinergi Muda. Tetapi, IYC akan kembali hadir kembali untuk membangkitkan semangat Anak Muda Indonesia agar tertarik terhadap isu sekitar mereka dan dapat berkontribusi nyata dalam perubahan positif di Indonesia,” katanya kepada IndonesianYouth.org.

IYC 2017 nanti, dikatakan Stefanus, akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.  Maka, output yang diharapkan pun akan memiliki dampak positif kepada Anak Muda Indonesia yang hadir secara langsung di acara tersebut.

“Tentunya IYC lebih dewasa dan matang dalam persiapannya, sehingga berdampak kepada hasil yang akan didapatkan oleh Anak Muda Indonesia nanti. Secara tampilan dan konten pastinya akan berkembang, dan juga narasumber yang dihadirkan akan selalu menarik,”

Untuk waktu penyelenggaraan, Stefanus masih merahasiakan kapan akan pergelaran IYC 2017 akan dilaksanakan. Satu yang pasti, acara itu akan digelar pada akhir tahun ini. “Ikuti terus informasinya di media sosial kami. Yang pasti akhir tahun ini,” imbuhnya.

Secara singkat, IndonesianYouth Conference diselenggarakan secara konsisten dari tahun 2010, hingga saat ini sekaligus menuai sukses di tahun perdananya.

Besarnya minat dan antusiasme masyarakat dan Anak Muda Indonesia mengenai program ini, pada 2012 lalu para pendiri IndonesianYouth Conference memutuskan untuk mendirikan organisasi sosial Sinergi Muda. Tujuannya, agar dapat menampung minat Anak Muda Indonesia dan menyelenggarakan program-program lain selain IndonesianYouth Conference.

Sejak saat itu, program IndonesianYouth lainnya beserta layanan Sinergi Muda, yang berfokus kepada anak muda, lahir satu per satu secara bertahap. Saat ini Sinergi Muda telah bertransformasi menjadi sebuah Yayasan yang bergerak dalam aktivitas kewirausahaan sosial agar semakin mandiri dan berkelanjutan.