Organisasi anak muda, Sinergi Muda berkolaborasi bersama channel Youtube ASUMSI menggelar kegiatan diskusi politik bertajuk Dengerin Dong! Anak Muda Bicara Pilkada DKI, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (08/02) besok. Setelah acara, pelbagai tanggapan pun hadir.

Tanggapan pertama datang dari Co-Founder Sinergi Muda, Agrita Widiasari-panelis kaum urban, mengatakan meski beberapa pertanyaannya dirasa belum terjawab, namun acara tersebut secara positif telah membuka ruang diskusi kepada anak muda dan tim sukses (timses).

“Jadi, rasa penasaran anak muda bisa ditanyakan dan kritik bisa disampaikan langsung kepada tim yang bersangkutan. Hal ini yang seharusnya lebih banyak dilakukan pada saat kampanye, sehingga anak muda bisa kroscek langsung kepada timses dan tidak bergantung pada pemberitaan media saja,” katanya seusai acara.

Kemudian, Annisa Rahmania, yang menjadi panelis disabilitas sekaligus Ketua Young Voices Indonesia, mengungkapkan ketiga tim sukses masih terpaku dengan teori, sehingga implementasinya belum bisa membuat perubahan.

“Kalau menurut pengamatan saya, teman-teman disabilitas di sini masih sedikit yang datang. Berarti itu masih kurang kepercayaan mereka. Para calon masih terpaku dengan teori. Implementasinya masih belum membuat perubahan yang besar. Jadi kami teman-teman disabilitas merasa seperti itu-itu saja. Saya, perwakilan Young Voice menyampaikan asipirasi semoga pemerintah tidak PHP (memberi harapan palsu) lagi kepada disabilitas,” ungkapnya.

Lalu, Founder Onigir Futago, Yuki Ramadhini yang hadir sebagai panelis pengusaha muda, berterima kasih kepada Sinergi Muda lantaran bisa mengakomodir para anak muda untuk bisa berhadapan langsung dengan pihak pemerintah sehingga bisa menyampaikan aspirasinya secara langsung.

“Walaupun para Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur tidak bisa hadir, tapi kehadiran perwakilan timses dari masing-masing paslon sudah sangat terwakilkan. Semoga makin banyak acara serupa, sehingga nantinya, anak muda bisa lebih dekat lagi dengan politik,”

Dalam diskusi politik anak muda di Dengerin Dong!, tiga timses dari pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta turut hadir seperti Rizky Aljupri timses nomor urut 1, Michael Sianipar timses nomor urut 2, Anggawira timses nomor urut 3.

Selain itu, para panelis lainnya yakni Rozinul Aqli (Kandidat Master School of Global Affairs and Publi Policy, The American University in Cairo), Taufan Akbari (Dekan muda LSPR dan inisiator Indonesian Community Network), dan Sri Suryani (Komunitas Ciliwung Merdeka).