Beberapa bulan terakhir ini publik seakan disuguhi drama tak berujung yang memperlihatkan betapa bobroknya hukum Indonesia. Siapa yang salah? Apa yang dapat dipersalahkan?

Hukum adalah poros dari kehidupan suatu bangsa. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan hampir seluruh aspek kehidupan kita diatur oleh hukum. Tanpa ada dasar hukum, sesuatu sulit untuk dipercaya kebenarannya. Semua hal akan bersinggungan dengan hukum baik sadar ataupun tidak. Proses kita hingga sampai di kampus misalnya adalah proses yang berkaitan erat dengan hukum. Mungkin tidak disadari, namun regulasi itu ada. Hukum mengatur.. Hukum melindungi.

Hukum dibuat untuk dilanggar. Ini justru menjadi populer dikalangan masyarakat Indonesia, entah darimana asalnya, namun hukum jadi sebuah hal yang disegani untuk didekati apalgi dikenal. Turun-temurun ini melekat dari generasi ke generasi, hukum hanya menjadi sebuah aksesoris tanpa dimengerti apa arti keberadaannya. Jadilah kini, banyaknya mafia hukum yang memanfaatkan keadaan ini, bagaikan mengail di air keruh, orang-orang yang tidak mengerti hukum hanya menjadi boneka dalam praktik hukum.

Sudah saatnya bagi generasi muda Indonesia, untuk mengenal dengan baik hukum di negaranya. Hukum bukan sesuatu yang mengerikan, justru dengan mengenal hukumlah kita dapat melihat suatu masalah dengan duduk persoalan yang jelas. Berbagai persoalan di Indonesia pun berawal dari law enforcement yang rendah, juga para penegak hukumnya.

Patuhi, Awasi, Mengerti.

Mematuhi hukum, dimulai dari hal yang kecil akan membuat kita menjadi bangsa yang lebih beradab. Lupakan kebiasaan buruk seperti menyontek, menyelak antrean,hingga membuang sampah sembarangan. Disiplin dimulai dari diri sendiri…

Awasi penegakan hukum, jangan sampai para penegak hukum menjadi ‘kelewat batas’ karena merasa tak ada pihak yang peduli akan penegakan hukum. Kini kita, generasi muda adalah tim pengawasnya.
Mengerti, dengan sendirinya saat kita mencoba untuk mengenal hukum Indonesia kita akan sadar apa peran dan fungsinya, otomatis juga mengerti bagaimana hukum di Indonesia berjalan.

Jangan pernah menyalahkan siapapun untuk sesuatu yang belum kita kenal dengan benar, belajar untuk menjadi warga yang disiplin dan taat hukum adalah hal yang masih dapat kita perjuangkan demi menjadikan Indonesia negara yang lebih baik kemudian hari.

Catatan: Artikel ini merupakan bagian dari arsip MUDAzine yang kami terbitkan kembali.

Kanal Opini merupakan wadah tulisan-tulisan Anak Muda di Indonesia yang ingin menuangkan sekaligus turut berbagi tentang fenomena atau isu di sekitarnya. Bergabunglah dengan kontributor IndonesiaYouth.org sekarang juga!