Rupanya, tak sedikit para pemimpin negara-negara di dunia yang lagi pada akhir Mei sampai Juni, atau yang berzodiak Gemini.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump, misalnya, yang lahir pada 14 Juni 1946 dan memiliki zodiak Gemini. Begitu juga dengan John Fitzgerald Kennedy (JFK) yang lahir pada 29 Mei 1917. Presiden AS ke-35 itu merupakan Katolik pertama yang menduduki jabatan tersebut. Selanjutnya, ada George Herbert Walker Bush, presiden AS ke-41 yang lahir pada 12 Juni 1924. Gemini juga merupakan horoskopnya.

Nah, selain tiga presiden AS tersebut, Indonesia juga punya lho, 3 presiden berzodiak Gemini. Bahkan tiga-tiganya sama-sama lahir bulan Juni. Siapa sajakah mereka?

Soekarno

Presiden pertama Indonesia ini lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Seperti yang diketahui, momen penting kemerdekaan bangsa Indonesia ada di tangannya. Bersama Mohammad Hatta, ia menjadi Proklamator Kemerdekaan Indonesia.

Sementara itu, Soekarno juga mencetuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Soekarno yang mendapat julukan putra sang fajar pun terkenal hingga ke mancanegara lantaran orasinya yang berapi-api.

Soeharto

Lahir pada 8 Juni 1921, Soeharto merupakan Presiden Indonesia kedua. Ia memimoin negara selama 31 tahun sebelum akhirnya lengser pada tahun 1998. Soeharto yang mendapat julukan Bapak Pembangunan itu begitu disenangi ASEAN di masa-masa jayanya

Joko Widodo

Akrab disapa Jokowi, Presiden Indonesia ke-7 ini menjabat sejak 2014 lalu. Ia lahir di surakarta, 21 Juni 1961. Sebelumnya, ia merupakan Gubernur Surakarta dan Gubernue Jakarta. Selama memimpin, Jokowi dikenal luas oleh masyarakat karena sering melakukan blusukan. Ia juga dikenal dengan slogan “Kerja, kerja, kerja”.